Mengenali tanda jantung bermasalah sangat penting untuk semua orang. Tidak hanya untuk mereka yang sudah berusia lanjut saja, tanda gangguan pada jantung juga harus diketahui oleh mereka yang masih sehat atau muda. Mengapa? Karena gangguan jantung tidak memandang usia dan kondisi tubuh seseorang.
Tanda gangguan pada jantung ada banyak. Ada yang gejalanya cukup ringan dan ada yang cukup berat. Agar terhindar dari masalah yang cukup parah ada baiknya anda mengetahui tanda gangguan pada jantung sedini mungkin. Simak beberapa tanda gangguan jantung bermasalah di bawah ini.

1. Nyeri Dada yang Sering Terjadi

Tanda jantung bermasalah yang pertama adalah nyeri dada dengan intensitas ringan hingga berat. Nyeri dada ini berjenis nyeri dada tumpul yang membuat Anda seperti ditindih benda yang cukup berat di area sekitar dada.
Rasa nyeri ini umumnya tidak hanya berada di sekitar dada saja. Nyeri yang disebabkan oleh gangguan jantung akan menyebar di sekitar leher sampai ke tangan. Apabila Anda mengalami nyeri seperti ini ada baiknya segera melakukan pemeriksaan sebelum parah.

2. Dada Sering Berdebar

Jantung akan berdebar secara konstan dan tidak akan pernah berhenti selama 24 jam. Detak jantung yang terjadi bisa cepat atau lambat sesuai dengan aktivitas yang dilakukan. Semua aktivitasnya intens seperti melakukan olahraga bisa memicu detak jantung berjalan lebih cepat dan dada seperti terasa berdebar.
Apabila Anda mengalami dada berdebar tanpa melakukan aktivitas yang intens. Ada baiknya waspada karena tanda dada berdebar merupakan aritmia pada jantung.
Aritmia pada jantung atau gangguan ritme merupakan tanda terjadinya masalah pada aliran darah. Apabila terus dibiarkan kondisinya bisa parah dan menyebabkan gagal jantung atau masalah yang lebih parah.

3. Sesak Napas

Sering mengalami sesak nafas padahal sedang tidak mengalami flu atau masalah pada pernafasan, bisa jadi itu tanda dari masalah pada jantung yang mulai parah. Apalagi sesak nafas sering muncul, bahkan saat Anda hanya jalan kaki beberapa meter saja.

4. Mudah Mengalami Kelelahan

Jantung yang bermasalah akan menyebabkan kondisi fisik seseorang mengalami penurunan yang cukup drastis. Tanpa melakukan aktivitas yang berat sekalipun mereka akan mudah mengalami lelah sehingga tidak bisa melakukan olahraga atau kerja berat.

5. Mudah Batuk

Batuk kering yang cukup parah dan tidak segera sembuh kemungkinan juga tanda dari masalah pada jantung. Meski demikian Anda disarankan untuk melakukan pemeriksaan untuk mengetahui apakah ada masalah pada jantung atau masalah pada tenggorokan dan paru.

6. Kerap Berkeringat secara Berlebihan

Salah satu tanda yang cukup mudah dikenali jika mengalami masalah pada jantung adalah tubuh berkeringat secara berlebihan. Padahal anda sedang tidak melakukan olahraga secara intens. Keringat bisa terjadi di seluruh tubuh khususnya di sekitar permukaan tangan.

7. Pusing

Pada jantung seperti aritmia juga akan menyebabkan seseorang mengalami pusing. Meskipun ia terkadang tidak terlalu intens, gejala ini sering muncul sehingga mengganggu aktivitas harian seperti bekerja.

8. Gangguan Ereksi pada Pria

Seseorang yang mengalami gangguan jantung bisa dilihat pada kondisi organ vital yang dimiliki. Khusus pada pria gangguan ini menyebabkan disfungsi ereksi atau ketidakmampuan alat vital untuk mendapatkan suplai darah dari jantung.
Kalaupun suplai darah bisa dipenuhi, kemampuan untuk mempertahankannya cukup sulit. Kondisi ini menyebabkan pria tidak bisa berhubungan badan dengan baik. Bahkan, mereka tidak bisa mendapatkan keturunan.

9. Pembengkakan Kaki

Pembengkakan kaki dan beberapa bagian tubuh lain juga merupakan tanda gangguan pada jantung. Apalagi bengkaknya tidak kunjung hilang bahkan terasa nyeri saat digunakan untuk berjalan.

10. Mual dan Muntah

Perasaan mual dan ingin muntah yang terus-terusan muncul juga efek dari masalah pada jantung. Kondisi ini umumnya muncul saat Anda melakukan olahraga atau aktivitas yang cukup berat intensitasnya.

11. Mengalami Pingsan

Sering mengalami pingsan atau merasa sangat lemas sehingga seakan-akan ingin pingsan juga merupakan tanda dari masalah pada jantung. Kondisi ini umumnya terjadi akibat gangguan jantung bawaan yang terjadi sejak lahir.

12. Nyeri di Perut

Nyeri atau masalah pada jantung juga bisa menjalar sampai ke area perut. Kalau Anda merasa sering mengalami nyeri pada perut padahal tidak makan secara sembarangan bisa saja penyebabnya adalah jantung yang bermasalah
Apalagi Anda juga kerap mengalami dada berdebar atau nyeri di dada yang intens. Ada baiknya untuk segera memeriksakan diri untuk menghindari masalah yang cukup serius. Penyakit jantung lemah mematikan, tapi jika segera diketahui dan diatasi kemungkinan sembuh nya juga cukup tinggi.
Jika dilihat secara sekilas, tanda jantung bermasalah hampir mirip dengan beberapa tanda pada penyakit pernapasan. Itulah kenapa beberapa orang sering tidak waspada padahal dirinya sedang mengalami masalah pada organ jantungnya
Untuk mengetahui apakah gejala tersebut berasal dari gangguan jantung atau penyakit ringan yang biasanya terjadi. Anda disarankan untuk melakukan pengecekan kesehatan secara rutin. Apalagi gejala itu sering sekali muncul dan kadang berjalan cukup lama meski tidak terlalu mengganggu aktivitas.

USANA Indonesia memiliki produk Coquinone 30 yang mengandung Coenzyme Q10 yang merupakan antioksidan yang sangat penting untuk menghasilkan energi dalam sel dan membersihkan tubuh dari radikal bebas.

 

Sumber referensi artikel:

https://www.klikdokter.com/info-sehat/read/2696785/inilah-tanda-jantung-anda-tidak-sehat
https://www.alodokter.com/kenali-ciri-ciri-sakit-jantung
https://www.halodoc.com/artikel/tidak-hanya-nyeri-dada-ketahui-14-tanda-lain-penyakit-jantung

Latest Articles

8 Cara Alami Mengusir Lalat

8 Cara Alami Mengusir Lalat

Melihat lalat beterbangan di area rumah tentu sangat mengganggu. Pasalnya, selain membuat hunian terkesan kumuh, lalat yang berkeliaran juga bisa jadi sumber penyakit (mulai dari tifus hingga disentri) bagi penghuni rumah saat hinggap di makanan, minuman, atau...

Apakah Perlu Sarapan sebelum Olahraga Pagi?

Apakah Perlu Sarapan sebelum Olahraga Pagi?

Sarapan dan olahraga adalah dua hal baik yang seharusnya dijadikan aktivitas rutin saat pagi hari. Namun, keduanya terkadang membuat banyak orang bingung, mana yang harus dilakukan terlebih dahulu. Sarapan atau olahraga? Sebenarnya, pilihan jawaban perlukah sarapan...

penyebab uban tumbuh di usia muda

Mengapa Uban bisa Tumbuh di Usia Muda?

Selain kerutan kulit wajah, uban juga selalu dianggap sebagai tanda-tanda penuaan. Namun, benarkah uban hanya ditemukan pada orang-orang yang memasuki usia lanjut? Ternyata tidak! Ada banyak individu umur 20-an telah mengalami ubanan. Akibatnya, perubahan warna rambut...

Dapatkan Artikel Kesehatan Terbaru di Email Anda

Dapatkan Artikel Kesehatan Terbaru di Email Anda

Kami akan kirimkan artikel kesehatan terbaru ke email Anda. Daftarkan email Anda sekarang juga

Email Anda Sudah Berhasil Didaftarkan!

WhatsApp WA Chat