5 Manfaat Madu Hitam, Si Pahit dengan Segudang Khasiat

5 Manfaat Madu Hitam, Si Pahit dengan Segudang Khasiat

Madu adalah salah satu bahan alami yang menyehatkan dan kerap menjadi bahan pemanis. Namun, tahukah Anda bahwa tidak semua jenis madu ternyata terasa manis dan justru menawarkan rasa pahit?
Madu hitam adalah jenis madu yang dimaksud. Kendati begitu, manfaat madu hitam bagi kesehatan sangat banyak. Kandungan nutrisi madu hitam bahkan lebih tinggi dibandingkan madu pada umumnya.

Kandungan Nutrisi Madu Hitam
Manfaat madu hitam tak lepas dari gizi dan nutrisi yang ada di dalamnya. Jenis madu ini sendiri berasal dari nektar bunga mahoni sehingga warnanya menjadi lebih hitam dan pekat dibandingkan jenis madu lainnya. Adapun rasa pahitnya sendiri berasal dari senyawa alkaloid yang terdapat di pohon mahoni.
Secara umum, berikut adalah kandungan gizi dan nutrisi dalam setiap 100 gram madu hitam asli.
• Kalori : 294 kkal
• Air : 20 gram
• Karbohidrat : 79,5 gram
• Protein : 0,3 gram
• Lemak : 0 gram
• Serat : 0,2 gram
• Kalium : 26,9 miligram
• Fosfor : 16 miligram
• Natrium : 6 miligram
• Kalsium : 5 miligram
• Vitamin C : 4 miligram
• Zat besi : 0,9 milligram
• Seng : 0,2 miligram
• Tembaga : 0,04 miligram
• Riboflavin : 0,04 miligam

Manfaat Madu Hitam Bagi Kesehatan
Mengatasi Gangguan Maag

Madu hitam dapat membantu mengatasi masalah sistem pencernaan yang satu ini karena sifat dasarnya sebagai antibiotik. Dengan begitu, mengonsumsi madu hitam dapat mengurangi gejala tukak lambung yang kerap disebabkan pula oleh infeksi bakteri Helicobacter pylori (H. pylori).
Berbagai keluhan maag seperti perut dan mual pun dapat diminimalkan dengan mengonsumsi madu hitam. Caranya adalah dengan mencampurkan madu hitam dengan teh atau air hangat. Perlahan-lahan, rasa nyeri dan tidak nyaman akan berkurang.

Menurunkan Berat Badan
Manfaat madu hitam untuk mengurangi berat badan dipengaruhi oleh flavonoid, yakni senyawa yang dapat mengatasi inflamasi alias peradangan sekaligus menekan produksi hormon leptin. Hormon leptin sendiri merupakan hormon yang diproduksi oleh sel-sel lemak untuk membantu proses metabolisme sekaligus mengontrol nafsu makan.
Untuk memperoleh khasiat ini, Anda bisa mencampurkan madu hitam dengan air hangat. Jika memungkinkan, Anda bisa pula menambahkan dua sendok makan jus lemon. Apabila menginginkan hasil lebih cepat dan optimal, Anda bisa menyertai konsumsi ini dengan berolahraga atau mengubah pola hidup lebih sehat lainnya.

Membantu Pengobatan Diabetes
Kandungan gula alami pada madu hitam tidak setinggi pada gula pasir maupun beberapa jenis madu lainnya. Oleh sebab itu, madu hitam relatif lebih aman dikonsumsi oleh penderita diabetes karena lebih efektif dalam menjaga kadar gula darah.
Selain itu, kandungan alkaloid pada madu hitam juga baik untuk penderita diabetes. Meski penelitian yang dilakukan pada manusia untuk membuktikan tingkat akurasi dan keamanannya, hal ini menjadi salah satu berita baik tersendiri.

Membantu Meredakan Batuk
Sebuah penelitian menunjukkan adanya benefit madu untuk meredakan gejala batuk pada anak yang menderita bronkitis. Metode serupa juga cukup efektif pada orang-orang yang mengalami kondisi sama, tetapi belum melakukan pengobatan apa pun.
Manfaat madu hitam ini dihasilkan dari sifat bakteriostatik yang dimiliki. Maka dari itu, jenis madu ini juga dapat digunakan untuk mengatasi gangguan saluran pernapasan lain seperti asma dan radang tenggorokan.

Meningkatkan Kesehatan Kulit
Madu dapat membantu proses penyembuhan luka pada kulit bahkan menyamarkan bekas jerawat. Maka dari itu, madu hitam juga bisa dimanfaatkan untuk keperluan ini. Selain itu, madu hitam bahkan dapat menghilangkan bintik-bintik hitam pada wajah karena sifat eksfoliasinya.
Khasiat ini dapat diperoleh dengan mengoleskan madu hitam pada wajah dua kali seminggu. Agar kelembapan kulit tetap terjaga, jangan lupa untuk menggunakan minyak zaitun pada wajah setelah diolesi madu hitam. Kendati begitu, pastikan sedari awal bahwa kulit Anda tidak sensitif dengan madu sehingga tidak menimbulkan efek lain yang tak diharapkan.
Nah, itulah beberapa manfaat madu hitam bagi kesehatan hingga kecantikan tubuh. Tentunya, Anda juga dapat berkonsultasi ke dokter atau para ahli lainnya untuk hasil yang paling tepat sesuai kondisi masing-masing.
Semoga bermanfaat!

Referensi:
https://hellosehat.com/nutrisi/fakta-gizi/manfaat-madu-hitam/
https://www.tokopedia.com/blog/manfaat-madu-hitam-hlt/

Leave a Comment