Vitamin B kompleks berperan penting dalam menjaga kesehatan tubuh anak. Hal ini dikarenakan vitamin ini terdiri dari vitamin B1 (tiamina), B2 (riboflavin), B3 (niasin), B5 (asam pantotenat), B6 (piridoksina), dan B12 (biotin, asam folat, dan kobalamin) mengandung nutrisi penting yang larut dalam air.
Asupan vitamin B kompleks yang cukup akan bersinergi memberikan manfaat untuk kesehatan anak. Berikut ini adalah rangkuman 6 manfaat vitamin B kompleks untuk anak.

1. Memproduksi Energi

Salah satu manfaat vitamin B kompleks untuk anak adalah vitamin ini memiliki kemampuan untuk memproduksi energi. Vitamin B1 (tiamina) yang terdapat dalam vitamin B kompleks dapat mengubah sumber karbohidrat, seperti kentang, mi, bihun, roti, dan sumber makanan lain menjadi gula. Gula inilah yang akan menjadi sumber energi yang dibutuhkan tubuh saat beraktivitas.

2. Memproduksi Sel Darah Merah

Manfaat lain vitamin B kompleks adalah dapat memproduksi sel darah merah yang baik. Vitamin B kompleks akan memproduksi, membangun, dan memperbaiki sel-sel darah merah yang sehat dan optimal sehingga dapat mensuplai oksigen ke otak dan juga seluruh tubuh. Asupan vitamin B kompleks yang tepat untuk otak anak akan membuat otak berkembang lebih optimal dan menjadikan anak lebih cerdas.

3. Menjaga Fungsi Saraf

Menjaga kesehatan sistem saraf merupakan hal krusial karena sistem ini bertugas mengatur aktivitas dalam tubuh. Untuk menjaga kesehatan sistem saraf, anak-anak perlu mengonsumsi vitamin B kompleks.
Vitamin B5 (asam pantotenat) dalam vitamin B kompleks mampu menjaga agar kelenjar adrenal dalam sistem saraf berfungsi dengan optimal. Kelenjar adrenal yang berfungsi dengan optimal akan menghasilkan beberapa zat pengatur saraf dan hormon.
Vitamin B1 (tiamina), vitamin B6 (piridoksina), dan vitamin B12 (biotin, asam folat, dan kobalamin) juga bermanfaat mengatur agar seluruh saraf dapat bekerja sesuai dengan fungsinya serta membantu tubuh dalam membuat beberapa hormon serta senyawa kimia khusus dalam otak (neurotransmiter).
Oleh karena itu, beri anak tambahan makanan yang mengandung vitamin B kompleks agar fungsi otak, otot, dan sistem saraf dapat tumbuh dan berkembang dengan baik.

4. Menyehatkan Pencernaan

Salah satu ciri yang menandakan anak sehat adalah memiliki pencernaan yang sehat. Pencernaan yang sehat bisa didapatkan dari mengonsumsi vitamin B kompleks. Vitamin B kompleks dapat membantu memproduksi asam klorida (HCL) untuk memecah karbohidrat, lemak, dan protein.
Beberapa vitamin dalam vitamin B kompleks, seperti vitamin B1, vitamin B2, vitamin B3, dan vitamin B6 berperan dalam menyehatkan pencernaan. Bahkan niasin dalam vitamin B kompleks berperan untuk memberikan sinyal metabolisme, sel, produksi, dan perbaikan DNA. Selain itu, vitamin B kompleks bermanfaat untuk membantu tubuh agar bisa berjalan dengan normal.
Jadi, konsumsilah makanan yang mengandung vitamin B kompleks agar sistem pencernaan anak selalu sehat. Apabila anak kekurangan vitamin ini, percernaan anak akan terganggu karena nutrisi penting yang masuk ke dalam tubuh tidak bisa diolah dengan baik.

5. Menjaga Kesehatan Rambut, Kulit, dan Kuku Anak

Menjaga kesehatan rambut, kulit, dan kuku merupakan salah satu manfaat vitamin B kompleks untuk anak. Rambut dan kuku akan terus tumbuh dan memperbarui diri sehingga rambut menjadi lebih lebat dan subur dan kuku menjadi kencang dan halus.
Manfaat ini bisa Anda peroleh dari makanan yang mengandung Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B3, Vitamin B5, Vitamin B12, dan kolin. Kekurangan vitamin B12 bisa mengakibatkan gangguan kulit dan kuku, seperti kulit anak menjadi kering dan mudah terkena ruam, serta kuku mudah pecah.

6. Meningkatkan Fungsi Otak

Manfaat lain mengonsumsi vitamin B adalah untuk meningkatkan fungsi otak. Vitamin B kompleks mampu meningkatkan konsentrasi dan memori. Vitamin ini akan bekerja dengan cara membuat perisai pelindung di sekitar saraf otak dari ancaman racun yang dapat menyerang sel-sel saraf atau yang dikenal dengan homosistein.
Inilah 6 manfaat vitamin B kompleks untuk anak. Ragu jika makanan yang dikonsumsi anak-anak kurang memenuhi vitamin B kompleks? Anda bisa menambahkan Usana Usanimal, produk kesehatan yang aman dan alami dari USANA. Dengan asupan vitamin B Kompleks yang cukup, tumbuh kembang anak akan terjaga dengan baik.

Latest Articles

8 Cara Alami Mengusir Lalat

8 Cara Alami Mengusir Lalat

Melihat lalat beterbangan di area rumah tentu sangat mengganggu. Pasalnya, selain membuat hunian terkesan kumuh, lalat yang berkeliaran juga bisa jadi sumber penyakit (mulai dari tifus hingga disentri) bagi penghuni rumah saat hinggap di makanan, minuman, atau...

Apakah Perlu Sarapan sebelum Olahraga Pagi?

Apakah Perlu Sarapan sebelum Olahraga Pagi?

Sarapan dan olahraga adalah dua hal baik yang seharusnya dijadikan aktivitas rutin saat pagi hari. Namun, keduanya terkadang membuat banyak orang bingung, mana yang harus dilakukan terlebih dahulu. Sarapan atau olahraga? Sebenarnya, pilihan jawaban perlukah sarapan...

penyebab uban tumbuh di usia muda

Mengapa Uban bisa Tumbuh di Usia Muda?

Selain kerutan kulit wajah, uban juga selalu dianggap sebagai tanda-tanda penuaan. Namun, benarkah uban hanya ditemukan pada orang-orang yang memasuki usia lanjut? Ternyata tidak! Ada banyak individu umur 20-an telah mengalami ubanan. Akibatnya, perubahan warna rambut...

Dapatkan Artikel Kesehatan Terbaru di Email Anda

Dapatkan Artikel Kesehatan Terbaru di Email Anda

Kami akan kirimkan artikel kesehatan terbaru ke email Anda. Daftarkan email Anda sekarang juga

Email Anda Sudah Berhasil Didaftarkan!

WhatsApp WA Chat