Cara Murah Menjaga Kesehatan. Memiliki tubuh yang bugar dan sehat adalah dambaan setiap orang. Tubuh yang bugar dan sehat  diperoleh dengan menjaga kebiasaan dan gaya hidup sehat. Berikut adalah 11 tips supaya tubuh kita tetap sehat dan bugar sepanjang hari.

1. Mengkonsumsi makanan yang bervariasi.

Secara ideal setiap hari kita hendaknya mendapat 40 macam nutrisi yang berbeda. Nutrisi tersebut dapat diperoleh dengan mengkonsumsi makanan yang bervariasi dan berimbang. Misalnya, makan siang kita mengandung banyak karbohidrat, usahakan saat makan malam kita lebih banyak makan sayur. Misalnya lagi, kalau malam ini kita banyak makan daging maka sebaiknya di hari berikut ganti dengan ikan.

2. Konsumsi Makanan Yang Berbahan Dasar Karbohidrat

Sebagian besar kalori yang digunakan oleh tubuh didapat dari makanan yang mengandung karbohidrat. Misalnya nasi, sereal, pasta, kentang, maupun roti. Jadi usahakan menu makanan kita mengandung unsur karbohidratnya. Lebih bagus lagi kalau mengkonsumsi gandum karena juga mengandung lebih banyak serat.

3. Kurangi Konsumsi Makanan Yang Mengandung Lemak Jenuh

Lemak diperlukan tubuh. Namun apabila jumlahnya berlebih, akan menjadi masalah. Terutama masalah kelebihan berat badan (obesitas) dan jantung. Jenis lemak yang berbeda memberi dampak yang berbeda pula bagi tubuh. Perhatikan hal-hal berikut ini:

  • Batasi asupan makanan berlemak terlebih pada makanan yang mengandung lemak jenuh (lemak jenuh banyak terkandung pada makanan yang berasal dari hewan), dan hindari makanan yang mengandung lemak trans (lemak beku, misalnya mentega). Dengan membaca label pada kemasan dapat memberikan Anda informasi tentang kandungan lemaknya dan asal dari produk tersebut.
  • Mengkonsumsi ikan sangat dianjurkan, paling tidak 2-3 kali dalam satu minggu. Ikan sebagai sumber lemak tak jenuh yang baik untuk tubuh.
  • Memasak makanan pilih dengan cara merebus, mengukus atau memanggang daripada menggoreng. Singkirkan bagian lemak pada daging. Gunakan minyak sayur.

4.Konsumsi Banyak Sayur Dan Buah.

Mengkonsumsi Buah dan sayur adalah cara murah untuk menjaga kesehatan. Karena alam Indonesia kaya akan aneka jenis buah dan sayur. Buah dan sayur penting untuk tubuh kita karena banyak mengandung vitamin, mineral dan serat. Usahakan untuk mengkonsumsi 5 sajian sayur dan buah setiap hari. Misalnya satu gelas jus buah segar saat sarapan, 1 buah apel saat makan siang, satu sisir semangka untuk cemilan. Jangan lupa sertakan sayur pada setiap menu makan Anda.

5. Hindari penggunaan Gula dan Garam.

Garam dapat memicu tekanan darah tinggi, dan meningkatkan resiko masalah kesehatan pada jantung.
Berikut adalah cara untuk mengurangi konsumsi garam Anda.

  • Saat berbelanja pilih makanan dengan kadar sodium yang rendah.
  • Saat memasak, garam dapat diganti dengan tambahan bumbu untuk memberi cita rasa pada makanan.
  • Jangan meletakkan garam meja di meja makan Anda.
  • Gula dapat memberi cita rasa yang enak pada makanan. Tetapi makanan dan minuman manis mengandung banyak kalori, jadi sebaiknya kita tidak terlalu banyak atau terlalu sering mengkonsumsinya. Gula dapat diganti dengan buah-buahan manis yang dicampur dengan makanan maupun minuman.

6. Makan Secara Teratur Dengan Porsi Yang Tepat.

Makan teratur dan bervariasi dengan porsi yang tepat adalah cara terbaik untuk menjaga kesehatan. Melewatkan sarapan dapat membuat kita menjadi sangat lapar dan makan berlebih saat makan siang. Camilan dapat menahan lapar, namun harus diingat bahwa camilan bukanlah makanan utama, jadi tidak mengandung nutrisi yang cukup. Pilihlah camilan yang sehat misalnya yogurt, buah kering, kacang tanpa garam, roti dengan keju.
Memperhatikan porsi makan penting dilakukan untuk mengontrol jumlah kalori yang kita makan.
Berikut beberapa tip untuk mengontrol porsi makan.

  • Jangan memasak terlalu banyak, karena dapat membuat kita makan berlebih.
  • Porsi wajar untuk orang dewasa adalah 100 gram daging, buah dengan ukuran sedang, dan setengah mangkuk nasi.
  • Menggunakan piring yang lebih kecil juga dapat membuat kita makan lebih sedikit.
  • Jumlah kalori yang tercantum pada kemasan dapat membantu kita mengontrol porsi makan yang tepat.
  • Jika makan bersama di luar, kita dapat saling berbagi dengan teman.

7. Banyak Minum Air Putih

Cara murah menjaga kesehatan selanjutnya adalah banyak mengkonsumsi air putih. Orang dewasa minum sedikitnya 1,5 liter per hari. Bahkan bisa lebih saat cuaca panas, atau saat kita banyak melakukan aktivitas fisik. Air putih adalah pilihan terbaik. Kebutuhan cairan juga bisa didapat dari jus buah, teh, minuman ringan, susu maupun jenis minuman lainnya.

8. Kontrol Berat Badan.

Berat badan ideal berbeda pada setiap orang tergantung dari gender, tinggi, usia dan genetik. Berat badan berlebih akan meningkatkan resiko berbagai penyakit seperti diabetes, sakit jantung maupun kanker.
Lemak tubuh yang berlebih didapat dari makan yang berlebih pula. Kalori didapat dari makanan sumber kalori seperti protein, lemak, karbohidrat, alkohol. Tetapi lemak merupakan sumber kalori utama. Aktivitas fisik dapat membantu melepaskan kalori dan dapat meningkatkan mood kita.
Jadi apabila berat badan kita meningkat, maka hal yang dapat dilakukan adalah mengurangi makan dan meningkatkan aktivitas fisik.

9. Bergerak Lebih Banyak.

Aktifitas fisik penting dilakukan oleh semua orang dari berbagai tingkat usia maupun dengan keadaan kesehatan yang berbeda. Aktifitas fisik akan membakar kalori, sangat baik untuk menjaga kesehatan jantung dan dapat memperlancar peredaran darah, dan dapat pula meningkatkan masa otot, membuat kita menjadi fokus dan dapat meningkatkan kondisi kesehatan secara umum. Dianjurkan paling tidak kita melakukan aktifitas fisik selama 150 menit dalam seminggu. Dengan mengubah kebiasaan sehari-hari dapat pula membuat kita menjadi tambah sehat, misalnya

  • Lebih memilih menggunakan tangga daripada elevator
  • Lebih memilih berjalan kaki bila bepergian dalam jarak yang dekat
  • Beraktifitas diluar ruangan bersama keluarga saat akhir pekan.

10. Mulai Dari Sekarang.

Mengubah kebiasaan itu perlu waktu. Lakuan dengan perlahan, sehingga terbiasa. Anda bisa mulai dengan membuat daftar makanan dan minuman yang akan dikonsumsi dalam 3 hari kedepan. Anda juga bisa merencanakan aktifitas fisik yang akan dilakukan. Buatlah catatan-catatan kecil sehingga kita dapat mengetahui perkembangan yang terjadi dan lakukan evaluasi.

  • Sering melewatkan sarapan? Anda bisa mengubahnya dengan mulai sarapan yang sederhana namun sehat, misalnya sehelai roti dan buah. Jadikan ini sebagai aktifitas rutin Anda.
  • Tidak terbiasa makan sayur dan buah! Mulailah dengan porsi kecil buah. Dan sertakan sayur pada setiap menu harian Anda.
  • Suka makanan yang berlemak? Kurangi mulai sekarang sedikit demi sedikit. Makan dengan porsi yang lebih sedikit dari biasanya dan makan lebih jarang dari yang biasanya Anda lakukan.
  • Malas bergerak? Mulai sekarang secara perlahan lakukan banyak gerak, misalnya jalan-jalan keliling halaman, keliling komplek, keliling lapangan, berjalan kaki ke warung terdekat, berjalan lewat tangga.

11. Manfaatkan Suplemen

Adakalanya tubuh tidak cukup mendapat nutrisi dari makanan. Bisa karena kurangnya makan makanan bergizi, cara memasak yang salah, sehingga nutrisi penting makanan hilang, jadwal kerja yang padat membuat tidak ada kesempatan makan yang bergizi. Apabila keadaan ini berlangsung lama, tubuh bisa lemah dan rentan terhadap penyakit akibat kekurangan nutrisi. Disinilah peran suplemen makanan menjadi penting. Karena dapat memberi nutrisi tambahan yang diperlukan tubuh. CellSentials dari USANA adalah kombinasi vitamin dan mineral penting untuk menjaga kita tetap sehat sepanjang hari. USANA sebagai produsen suplemen makanan berkualitas yang sudah mendapat berbagai penghargaan dan sudah dipakai para atlet top dunia, sehingga dijamin tidak mengandung bahan-bahan yang berbahaya bagi tubuh dan aman untuk pemakaian jangka panjang.

Badan sehat dapat dicapai dengan gaya hidup yang sehat. Gaya hidup sehat didapat dari kebiasaan yang sehat pula. Kesehatan itu mahal. Kita dapat menjaganya dengan melakukan hal-hal yang sederhana. Semoga bermanfaat.

Our Blog

Your content goes here. Edit or remove this text inline or in the module Content settings. You can also style every aspect of this content in the module Design settings and even apply custom CSS to this text in the module Advanced settings.

Latest Articles

8 Cara Alami Mengusir Lalat

8 Cara Alami Mengusir Lalat

Melihat lalat beterbangan di area rumah tentu sangat mengganggu. Pasalnya, selain membuat hunian terkesan kumuh, lalat yang berkeliaran juga bisa jadi sumber penyakit (mulai dari tifus hingga disentri) bagi penghuni rumah saat hinggap di makanan, minuman, atau...

Apakah Perlu Sarapan sebelum Olahraga Pagi?

Apakah Perlu Sarapan sebelum Olahraga Pagi?

Sarapan dan olahraga adalah dua hal baik yang seharusnya dijadikan aktivitas rutin saat pagi hari. Namun, keduanya terkadang membuat banyak orang bingung, mana yang harus dilakukan terlebih dahulu. Sarapan atau olahraga? Sebenarnya, pilihan jawaban perlukah sarapan...

penyebab uban tumbuh di usia muda

Mengapa Uban bisa Tumbuh di Usia Muda?

Selain kerutan kulit wajah, uban juga selalu dianggap sebagai tanda-tanda penuaan. Namun, benarkah uban hanya ditemukan pada orang-orang yang memasuki usia lanjut? Ternyata tidak! Ada banyak individu umur 20-an telah mengalami ubanan. Akibatnya, perubahan warna rambut...

Dapatkan Artikel Kesehatan Terbaru di Email Anda

Dapatkan Artikel Kesehatan Terbaru di Email Anda

Kami akan kirimkan artikel kesehatan terbaru ke email Anda. Daftarkan email Anda sekarang juga

Email Anda Sudah Berhasil Didaftarkan!

WhatsApp WA Chat