Sering Diabaikan Padahal Berbahaya, Ini 5 Tanda Kolesterol Tinggi dalam Tubuh

tanda kolesterol tinggi dalam tubuh

Tanda kolesterol tinggi dalam tubuh dapat cukup mudah diamati. Namun, beberapa orang—terutama yang belum pernah melakukan pemeriksaan—biasanya mengabaikan gejala tersebut. Pasalnya, gejala yang ditunjukkan cenderung tidak terlalu spesifik.

Namun, kondisi ini tidak sebaiknya dibiarkan terus-menerus. Kolesterol adalah senyawa lemak berlilin yang diperoleh dari makanan hewani dan organ hati. Apabila jumlahnya dalam tubuh berlebihan, berbagai masalah kesehatan akan bermunculan seperti serangan jantung, stroke, hingga penyakit arteri perifer.

Maka dari itu, penting bagi setiap orang melakukan pemeriksaan rutin. Selain itu, jika menemukan beberapa gejala berikut—terutama setelah mengonsumsi jenis makanan tertentu yang berpotensi menaikkan kadar kolesterol, segera lakukan penanganan yang tepat.

Mudah Lelah

Tanda kolesterol tinggi dalam tubuh yang satu ini memang sangat mirip dengan berbagai gejala gangguan kesehatan lainnya. Oleh sebab itu, terutama jika belum disertai beberapa gejala lain, kondisi ini dianggap lazim.

Adapun alasan mengapa penderita kolesterol tinggi merasa lelah adalah karena tubuh tidak memperoleh aliran darah dengan kadar oksigen yang cukup. Padahal di sisi lain, organ dipaksa melakukan metabolisme, sedangkan jantung dan pembuluh darah sendiri masih bermasalah.

Otot Tubuh Gampang Lelah

Selain tubuh yang merasa lebih lemas dan lelah, otot penderita kolesterol tinggi juga lebih cepat lelah. Gejala serupa juga kerap dialami oleh penderita tekanan darah tinggi alias hipertensi.

Mengapa pada penderita kolesterol tinggi otot menjadi gampang lelah? Jawabannya tak lain adalah adanya penyumbatan pada pembuluh darah arteri. Sumbatan tersebut menghambat aliran darah sehingga arteri tidak memperoleh darah dengan cukup. Akibatnya, otot-otot jadi terasa lemah.

Nyeri Dada

Saat jumlah kolesterol dalam tubuh tinggi melebihi yang dibutuhkan , maka zat-zat lemak pada arteri dapat menumpuk. Penumpukan tersebut akan menyebabkan aliran darah yang mengandung oksigen menjadi terhambat. Akibatnya, organ pun “berontak” dan tidak dapat menjalankan fungsinya dengan optimal.

Oleh sebab itu, dada dapat terasa nyeri. Pada kondisi lebih ekstrem, seseorang dapat mengalami serangan jantung. Kondisi ini pun harus segera ditangani dengan tepat agar tak menimbulkan berbagai komplikasi lebih serius.

Mudah Kesemutan

Tanda kolesterol tinggi dalam tubuh lainnya adalah kaki dan tangan yang jadi gampang kesemutan. Beberapa orang bahkan mengalami kesemutan yang dibarengi dengan kram maupun rasa ngilu, nyeri, dan tidak nyaman saat digerakkan.

Gejala ini timbul karena arteri yang menyuplai darah ke bagian tubuh tersebut (kaki atau tangan) menyempit sehingga aliran darahnya pun berkurang. Jika diperhatikan, kulit pada area tersebut juga menjadi lebih pucat. Pada lansia, gejala ini juga disertai tangan dan kaki yang terasa lebih panas.

Xanthoma

Orang dengan kadar lemak tubuh yang tinggi memiliki risiko xanthoma lebih besar. Xanthoma sendiri merupakan kondisi pertumbuhan lemak yang berkembang di bawah permukaan kulit meski juga dapat berkembang pada organ dalam. Umumnya, xanthoma terjadi di area persendian seperti lutut dan siku walau juga dapat terjadi di area tubuh lain.

Pertumbuhan lemak ini dapat berukuran kecil maupun cukup besar. Gejalanya berupa benjolan yang muncul di bawah kulit dan relatif tidak menimbulkan rasa sakit. Namun, beberapa orang juga mengalami xanthoma disertai rasa gatal.

Itulah beberapa tanda kolesterol tinggi dalam tubuh yang paling umum dirasakan. Selain lima hal tersebut, gejala tinggi kolesterol juga bisa berupa rasa sakit pada rahang, napas yang menjadi pendek-pendek, stres, dada terasa seperti ditekan, hingga disfungsi ereksi.

Bagaimanapun, mencegah selalu lebih baik daripada mengobati. Untuk itu, melakukan pemeriksaan kadar kolesterol perlu dilakukan secara berkala, yakni setiap lima bulan sekali.

Referensi

https://hellosehat.com/jantung/kolesterol/gejala-kolesterol/

https://www.alodokter.com/mencari-tahu-tentang-adanya-tanda-tanda-kolesterol-tinggi

Suplemen BiOmega dari USANA mengandung minyak ikan yang membantu menjaga kesehatan tubuh.

Leave a Comment