Tidak Disangka! Ini 8 Khasiat Makan Durian

khasiat makan durian

Sebagai buah tropis unik, durian memiliki banyak peminat. Sayangnya, banyak pendapat yang menyatakan kalau makan durian dapat memicu peningkatan kadar gula, masalah pencernaan, hingga kondisi kegemukan. Namun, berdasarkan penelitian terkini, semua kondisi tersebut sebenarnya adalah akibat dari konsumsi berlebih. Bila dimakan dengan porsi yang pas, durian malah dapat memberikan manfaat baik.

Berikut delapan khasiat makan durian yang perlu kamu tahu.

Memperkecil Risiko Penyakit Kanker
Dengan kandungan polifenol dalam buahnya, durian dikenal memiliki kadar antioksidan yang tinggi. Zat ini sendiri disebut-sebut sebagai pelindung alami tubuh dari radikal bebas penyebab kanker. Itulah mengapa mengonsumsi durian dengan porsi yang pas bisa menurunkan risiko pertumbuhan sel-sel abnormal atau cikal bakal kanker dalam tubuh.

Menambah Energi
Ketika tubuh kekurangan energi untuk beraktivitas, mengonsumsi durian bisa jadi jalan keluar. Pasalnya, buah ini memiliki kandungan karbohidrat yang cukup tinggi, yakni 150 kalori per buahnya. Dengan jumlah tersebut, tubuh tidak lagi kesulitan untuk mendapatkan pasokan energi tambahan.

Namun, perlu diingat! Bagi kamu dengan riwayat penyakit diabetes, memakan durian berlebih malah akan menyebabkan peningkatan gula darah tak terkontrol.

Memperlambat Penuaan Dini
Beberapa penelitian menyatakan bahwa durian mengandung banyak zat baik, antara lain vitamin B, vitamin C, lemak sehat, serat, vitamin A, antioksidan, dan vitamin E. Temuan ilmiah lainnya menyatakan bahwa mengonsumsi 243 gram buah durian mampu mencukupi 80% kebutuhan vitamin C harian tubuh manusia.

Oleh karena itu, tidak mengherankan kalau buah asli dari Asia Tenggara ini mampu mencegah terjadinya tanda-tanda penuaan dini, seperti rambut rontok, kerutan, flek hitam pada wajah, dan lainnya.

Mengontrol Tekanan Darah
Selama ini, durian dituding sebagai penyebab terjadinya darah tinggi. Namun, fakta berbicara lain. Raja buah ini malahan mampu menurunkan tekanan darah.

Durian memiliki kandungan kalium yang cukup tinggi. Setidaknya, satu buah durian tercatat memiliki kandungan kalium sebanyak 436 mg. Sebagai informasi, kalium berfungsi untuk menjaga kesehatan pembuluh darah, saraf, tulang, dan otot. Selain itu, kalium juga bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah tinggi.

Meningkatkan Kualitas Sperma
Khasiat makan durian yang mungkin jarang diketahui orang adalah meningkatkan vitalitas pria serta kualitas sperma. Durian termasuk jenis makanan afrodisiak, yaitu meningkatkan gairah seksual sehingga sangat baik dimanfaatkan oleh orang-orang yang mengalami disfungsi ereksi.

Mengatasi Gangguan Insomnia
Saat mengalami gangguan tidur, tidak ada salahnya mengonsumsi durian sebagai obat. Asam amino triptofan dalam durian yang diubah tubuh menjadi melatonin mampu menenangkan suasana hati dan mengontrol hormon tidurmu. Intinya, makin banyak hormon melatonin dalam tubuh, makin berkurang gangguan insomnia yang dialami.

Menurunkan Risiko Depresi
Sejalan dengan gangguan tidur di atas, durian ternyata mampu memperkecil terjadinya gangguan mental, seperti depresi. Dengan meningkatnya asupan asam amino triptofan, tubuh akan memberi sinyal baik yang secara tidak langsung memperbaiki suasana hati.

Selain itu, kekurangan vitamin B6 yang dianggap sebagai pemicu depresi dapat diatasi dengan durian yang terbukti memiliki vitamin sejenis dalam jumlah besar.

Menjaga Kesehatan Pencernaan
Sebagai sumber makanan baik, durian memiliki khasiat sebagai prebiotik alami sehingga berperan penting dalam menjaga kesehatan saluran pencernaan. Selain itu, serat yang terdapat di dalamnya pun berfungsi untuk mencegah terjadinya sembelit.

Itulah tadi delapan khasiat makan durian yang mungkin belum kamu dengar. Jadi, mulai sekarang, kamu tidak perlu khawatir untuk makan buah durian. Namun, pastikan dengan porsi yang tepat. Ingat! Mengonsumsi sesuatu (termasuk durian) secara berlebihan akan berakibat pada kondisi kesehatan tubuh.

Sumber:

https://www.sehatq.com/artikel/manfaat-buah-durian-bagi-tubuh (7 Feb 2022)
https://health.kompas.com/read/2020/11/21/101000668/10-manfaat-durian-untuk-kesehatan?page=all (7 Feb 2022)
https://www.alodokter.com/ini-manfaat-durian-bagi-kesehatan-tubuh (7 Feb 2022)
https://www.klikdokter.com/info-sehat/read/3631174/tak-disangka-ini-manfaat-durian-bagi-kesehatan (7 Feb 2022)

BiOmega dari USANA memiliki omega-3, DHA, EPA dan vitamin D yang dibutuhkan tubuh kita. BiOmega juga memiliki dosis omega-3 yang baik untuk membantu memelihara kesehatan Anda. Minyak ikan yang digunakan dalam BiOmega dihasilkan dari tempat perikanan yang
baik. Mengkonsumsi BiOmega dapat membantu memelihara kesehatan Anda dan keluarga BiOmega juga dilengkapi dengan rasa lemon yang menghilangkan rasa amis saat mengkonsumsinya.

Biomega USANA Indonesia

8 Cara Alami Mengusir Lalat

Ampuh! 5 Cara Mengatasi Maag

Leave a Comment