Pentingnya kesehatan anak. Para orang tua pasti menginginkan anak-anaknya selalu berada dalam keadaan sehat. Sebab anak yang sehat akan dapat tumbuh dan berkembang dengan maksimal. Berikut ini adalah tips untuk menjaga agar anak-anak anda selalu dalam keadaan sehat.

1. Berikan Makanan Yang Bervariasi

Mungkin anak Anda memiliki makanan favoritnya masing-masing. Namun alangkah baiknya apabbila anak diberi makanan yang bervariasi. Sebab makanan yang bervariasi mengandung lebih banyak variasi nutrisi yang diperlukan oleh tubuh. Mencoba makanan yang belum pernah dikonsumsi akan memberi pengalaman baru yang mungkin anak-anak akan suka. Usahakanlah untuk memberi asupan dua macam buah setiap hari dan tiga macam sayuran yang berbeda. Sayuran dan buah kaya akan vitamin dan mineral yang dibutuhkan oleh tubuh, dan juga mengandung banyak serat untuk menjaga kesehatan pencernaan.
Berikut contoh asupan buah dan sayur yang dapat diberikan untuk anak Anda:

• Untuk sarapan, 4 buah stroberi dicampur dengan sereal
• Untuk makan siang, 6 biji wortel kecil (baby carrots)
• Untuk cemilan, 1 biji apel
• Untuk makan malam, ½ cangkir brokoli dan satu cangkir salad.

2. Minum Air Putih dan Susu

Saat haus, minum air putih adalah pilihan yang paling tepat. Minum susu juga sangat baik untuk menjaga kesehatan anak. Sebab dimasa pertumbuhan anak-anak memerlukan kalsium untuk pertumbuhan tulangnya agar kuat. Susu juga merupakan sumber mineral yang sangat baik. Untuk anak berusia 4-8 tahun berikan 2 1/2 cangkir susu setiap hari. Untuk anak usia 9 tahun keatas berikan susu 3 cangkir setiap hari. Konsumsi susu dapat dikombinasikan dengan makanan mengandung kalsium lainnya seperti yogurt dan keju.
Untuk contoh variasi penjajiannya adalah sebagai berikut:

• 2 Cangkir susu skim
• 1 sisir keju
• 1/2 cangkir yogurt

Sesekali Anda bisa mengganti asupan susu dengan jus. Namun ingat batasi asupan jus tidak lebih dari satu kali penyajian per hari (tidak lebih dari 600 s/d 800 gram per hari). Hindari minuman yang mengandung gula dan soda. Gula hanya untuk menambah kalori saja tidak memberi manfaat nutrisi yang penting.

3. Rasakan Perubahan Yang Terjadi Setelah Makan.

Anda bisa tanyakan kepada anak sesaat setelah makan, apakah anak merasakan sesuatu yang tidak nyaman setelah makan. Sering anak-anak merasakan perasaan yang tidak nyaman setelah makan. Hal ini bisa terjadi bila anak makan terlalu banyak. Kadang-kadang anak tidak sadar bila mereka makan terlalu banyak. Hal ini bisa berdampak buruk terhadap kesehatan, misalnya kegemukan.

4. Batasi Penggunaan Gadget.

Hal ini tidak terbatas pada video game saja. Pembatasan ini juga mencakup menonton siaran tv, menonton dvd, youtube maupun komputer. Kegiatan-kegiatan ini juga dapat mengurangi aktivitas anak untuk bermain di luar. Mereka jadi kurang bisa bersosialiasi dengan orang lain maupun lingkungan sekitarnya. Dorong anak untuk lebih aktif untuk bermain misalnya olah raga basket, renang, bersepeda. Batasi anak-anak untuk bermain yang berhubungan dengan layar tv, komputer maupun handphone tidak lebih dari 2 jam setiap harinya.

5. Berusaha Tetap Aktif

Buatlah anak-anak selalu aktif secara fisik, misalnya bermain bola, petak umpet, berenang, bersepeda. Setiap anak mempunyai kesukaan permainan yang berbeda-beda. Anda bisa tanyakan permainan kesukaannya. Mungkin bagi mereka yang tinggal di perkotaan agak sulit menemukan tempat bermain untuk anak. Bagi yang tinggal di perkotaan luangkan waktu Anda untuk mengantar anak-anak untuk bermain di lapangan yang terdekat dengan tempat tinggal Anda. Mungkin Anda bisa mengikutkan anak-anak untuk ikut klub olah raga, misalnya klub basket, klub karate, atau klub menari. Buat jadwal misalnya dua kali dalam seminggu. Anak yang akfif bermain dan bergaul dengan teman-temannya sangat berguna untuk menunjang peningkatan kesehatan mereka secara fisik dan mental.

6. Konsumsi Suplemen Khusus Anak Bila Perlu

Adakalanya anak tidak mendapat asupan gizi yang cukup dari makanannya. Mungkin karena orang tua yang sibuk, tidak sempat memberi makanan yang bergizi untuk anak. Atau cara memasak makanan yang kurang tepat, sehingga makanan menjadi kehilangan gizi pentingnya. Bila hal tersebut terjadi secara terus menerus dapat menjadikan anak tidak mendapatkan gizi yang cukup dan dapat berpengaruh terhadap kesehatannya. Dalam kasus ini para orang tua dapat memberikan suplemen khusus untuk anak.
Anak-anak adalah generasi penerus kita dan mengingat pentingnya kesehatan anak, USANA sebagai perusahaan yang khusus memproduksi vitamin berkualitas tinggi juga memproduksi multivitamin khusus untuk anak-anak yaitu USANIMAL yang berguna agar anak-anak terjaga kebutuhan nutrisi hariannya. Dengan rasa buah wild berry yang enak, anak-anak pasti suka.
Bila anda perduli dengan pentingnya kesehatan anak dan membutuhkan suplemen khusus anak yang berkualitas dari USANA, dapat menghubungi kami, pemesanan bisa melalui WA 0811389700 atau apabila ada hal yang mau ditanyakan, hubungi kami melalui form ini

Latest Articles

8 Cara Alami Mengusir Lalat

8 Cara Alami Mengusir Lalat

Melihat lalat beterbangan di area rumah tentu sangat mengganggu. Pasalnya, selain membuat hunian terkesan kumuh, lalat yang berkeliaran juga bisa jadi sumber penyakit (mulai dari tifus hingga disentri) bagi penghuni rumah saat hinggap di makanan, minuman, atau...

Apakah Perlu Sarapan sebelum Olahraga Pagi?

Apakah Perlu Sarapan sebelum Olahraga Pagi?

Sarapan dan olahraga adalah dua hal baik yang seharusnya dijadikan aktivitas rutin saat pagi hari. Namun, keduanya terkadang membuat banyak orang bingung, mana yang harus dilakukan terlebih dahulu. Sarapan atau olahraga? Sebenarnya, pilihan jawaban perlukah sarapan...

penyebab uban tumbuh di usia muda

Mengapa Uban bisa Tumbuh di Usia Muda?

Selain kerutan kulit wajah, uban juga selalu dianggap sebagai tanda-tanda penuaan. Namun, benarkah uban hanya ditemukan pada orang-orang yang memasuki usia lanjut? Ternyata tidak! Ada banyak individu umur 20-an telah mengalami ubanan. Akibatnya, perubahan warna rambut...

Dapatkan Artikel Kesehatan Terbaru di Email Anda

Dapatkan Artikel Kesehatan Terbaru di Email Anda

Kami akan kirimkan artikel kesehatan terbaru ke email Anda. Daftarkan email Anda sekarang juga

Email Anda Sudah Berhasil Didaftarkan!

WhatsApp WA Chat