Mengenal Minyak Ikan Terbaik dan Khasiatnya untuk Tumbuh Kembang Anak

by | Jun 28, 2021 | Artikel, Biomega, Usanimals | 0 comments

Minyak ikan menjadi salah satu suplemen tambahan yang diberikan untuk tumbuh kembang anak. Minyak ikan terbaik mengandung omega-3 yang berkhasiat untuk menjaga tahan tubuh dan meningkatkan kecerdasan otak anak. Sebenarnya apa saja khasiat minyak ikan? Yuk, simak penjelasanya di bawah ini.

Apa itu Minyak Ikan?
Minyak ikan atau fish oil merupakan minyak atau lemak yang diekstrak dari ikan. Ikan yang paling sering diekstrak minyaknya berasal dari ikan kod, salmon, sarden, makerel, haring, tuna, dan teri. Minyak ikan terbaik mengandung asupan asam lemak omega-3 yang berkhasiat untuk kesehatan. Selain itu, kandungan minyak ikan dapat memberikan perlindungan terhadap sejumlah penyakit pada anak-anak.

Khasiat Minyak Ikan
Komposisi minyak ikan terdiri dari omega-3, vitamin A, D, dan lemak lainnya. Khasiat omega-3 dalam minyak ikan lebih besar dibandingkan omega-3 pada tumbuhan.
Bahkan Organisasi Kesehatan Dunia (World Health Organization atau WHO) merekomendasikan untuk mengkonsumsi minyak ikan sekitar 250 sampai 500mg setiap hari untuk menjaga kesehatan. Melihat fakta ini, tak salah jika minyak ikan juga bermanfaat untuk tumbuh kembang anak. Adapun khasiat minyak ikan terbaik ini adalah sebagai berikut:

1. Meminimalisasi gejala hiperaktif-impulsif
Khasiat minyak ikan yang pertama adalah meminimalisasi gejala hiperaktif-impulsif (attention deficit hyperactivity disorder atau ADHD). ADHD merupakan gangguan mental yang ditandai dengan beberapa gejala, seperti impulsif, hiperaktif, dan sulit untuk fokus. Berdasarkan hasil dari 16 penelitian yang ada ditemukan bahwa omega-3 dalam minyak ikan dapat membantu meminimalisasi gejala ADHD. Dalam pembahasannya menunjukkan bahwa kandungan omega-3 pada minyak ikan terbaik dapat memperbaiki anak yang hiperaktif. Selain itu, minyak ikan juga bermanfaat untuk meningkatkan fokus, ingatan, dan pembelajaran anak.

2. Memperbaiki fungsi otak
Minyak ikan terbaik juga dipercaya berkhasiat dalam meningkatkan fungsi otak dan mood anak. Asam lemak omega-3 dalam minyak ikan membantu memaksimalkan fungsi otak, khususnya dalam perkembangan otak, proses pembelajaran, dan ingatan.
Dari hasil penelitian yang dilakukan pada 183 anak selama 6 bulan, mereka yang mengonsumsi makanan yang mengandung omega-3 mengalami perbaikan ingatan (memori) dan peningkatan kemampuan belajar verbal.

3. Memperkuat kesehatan tulang
Masa tumbuh kembang anak membutuhkan nutrisi yang cukup untuk pertumbuhan tulang dan gigi. Khasiat lain mengonsumsi minyak ikan untuk tumbuh kembang anak adalah untuk memperkuat kesehatan tulang. Hal ini dikarenakan minyak ikan mengandung vitamin D. Vitamin D bermanfaat untuk memperkuat tulang sekaligus menjaga kepadatan tulang anak.

4. Mendukung kesehatan mata
Kesehatan mata anak perlu dijaga sejak kecil. Jangan biarkan mata minus mengganggu aktivitas, terutama dalam kegiatan belajar. Untuk menjaga kesehatan mata anak, disarankan untuk memberikan minyak ikan. Minyak ikan terbaik memiliki kandungan DHA yang membantu meningkatkan kualitas penglihatan anak. Selain kandungan DHA, minyak ikan juga kaya akan vitamin A yang berguna untuk menjaga kesehatan mata.

5. Mengurangi gejala asma
Apakah anak Anda menderita asma sejak lahir? Minyak ikan terbaik ternyata berkhasiat untuk mengurangi gejala asma pada anak. Omega-3 pada minyak ikan berkhasiat untuk membantu mengurangi gejala-gejala asma seperti sulit bernapas, nyeri dada, dan batuk.
Hal ini dibuktikan dengan penelitian yang dilakukan terhadap 29 anak yang mengonsumsi minyak ikan dalam bentuk kapsul. Hasil penelitian menunjukkan bahwa gejala asma yang diderita anak-anak tersebut mengalami penurunan.

6. Mengurangi peradangan
Pemberian suplemen minyak ikan kepada anak perlu diberikan agar organ tubuh dapat berkembang dengan optimal. Selain untuk mengoptimalkan tumbuh kembang anak, minyak ikan juga bermanfaat untuk mengurangi peradangan.
Minyak ikan terbaik ternyata mengandung bahan antiradang yang berkhasiat untuk mengurangi senyawa sitokin. Senyawa sitokin merupakan senyawa peradangan yang biasanya diderita orang-orang yang sedang mengalami obesitas. Manfaat lain suplemen ini adalah kemampuannya dalam mengurangi kekakuan dan nyeri sendi yang bisa saja terjadi pada anak-anak.

7. Mengurangi gejala susah tidur
Apakah anak Anda termasuk anak yang memiliki gangguan tidur? Susah tidur sering mengganggu sekitar 4% anak-anak yang memiliki usia di bawah 18 tahun. Jika ini terjadi pada anak Anda, coba berikan minyak ikan terbaik. Minyak ikan bermanfaat untuk menurunkan gangguan susah tidur.
Manfaat minyak ikan ini telah terbukti karena telah diadakan penelitian. Penelitian tersebut melibatkan sebanyak 359 anak dengan kadar omega-3 dalam darah yang rendah. Mereka rentan mengalami masalah susah tidur. Selama 16 minggu anak-anak tersebut diberikan sekitar 600mg minyak ikan.
Dari hasil penelitian tersebut didapatkan bahwa gangguan tidur yang dialami anak-anak berkurang. Bahkan mereka dapat menambah waktu tidur sekitar satu jam setiap malam.
Sudah tahukan khasiat minyak ikan terbaik untuk tumbuh kembang anak? Namun, perlu diperhatikan. Walaupun khasiat minyak ikan dapat menunjang pertumbuhan anak, jangan asal beri minyak ikan kepada anak. Pastikan Anda konsultasi ke dokter anak terlebih dahulu mengenai jenis minyak ikan serta dosis yang tepat untuk anak.

Biomega USANA Indonesia
Sumber referensi artikel: Adnani, Nitish Basant. 2020. “Kebaikan Minyak Ikan untuk Tumbuh Kembang Anak”, Mei 26, 2020. https://www.klikdokter.com/info-sehat/read/3637425/kebaikan-minyak-ikan-untuk-tumbuh-kembang-anak Handayani, Verury Verona. 2021. “Rutin Konsumsi Minyak Ikan, Apa Manfaatnya?”, Februari 1, 2021. https://www.halodoc.com/artikel/rutin-konsumsi-minyak-ikan-apa-manfaatnya Tamin, Rizki. 2021. “5 Manfaat Minyak Ikan untuk Kesehatan”, Mei 5, 2021. https://www.alodokter.com/manfaat-minyak-ikan-dalam-mengurangi-risiko-penyakit  

Product Disclaimer:
*Pernyataan ini belum dievaluasi oleh BPOM. Produk ini tidak dimaksudkan untuk mendiagnosa, mengobati, menyembuhkan, atau mencegah penyakit apapun.

Artikel Terbaru

Apakah Perlu Sarapan sebelum Olahraga Pagi?

Apakah Perlu Sarapan sebelum Olahraga Pagi?

Sarapan dan olahraga adalah dua hal baik yang seharusnya dijadikan aktivitas rutin saat pagi hari. Namun, keduanya terkadang membuat banyak orang bingung, mana yang harus dilakukan terlebih dahulu. Sarapan atau olahraga? Sebenarnya, pilihan jawaban perlukah sarapan...

penyebab uban tumbuh di usia muda

Mengapa Uban bisa Tumbuh di Usia Muda?

Selain kerutan kulit wajah, uban juga selalu dianggap sebagai tanda-tanda penuaan. Namun, benarkah uban hanya ditemukan pada orang-orang yang memasuki usia lanjut? Ternyata tidak! Ada banyak individu umur 20-an telah mengalami ubanan. Akibatnya, perubahan warna rambut...

mengenal gejala darah tinggi pada ibu hamil

Mengenal Gejala Darah Tinggi pada Ibu Hamil

Tekanan darah tinggi atau hipertensi merupakan kondisi ketika tekanan darah lebih besar dari atau sama dengan 130/80 mm Hg. Kondisi ini menjadi perhatian serius bagi sebagian besar ibu hamil. Pasalnya, ibu hamil memang rentan mengalami penyakit darah tinggi. Jika...

Dapatkan Artikel Kesehatan Terbaru di Email Anda

Dapatkan Artikel Kesehatan Terbaru di Email Anda

Kami akan kirimkan artikel kesehatan terbaru ke email Anda. Daftarkan email Anda sekarang juga

Email Anda Sudah Berhasil Didaftarkan!

WhatsApp WA Chat