Membersihkan semua bagian rumah secara rutin memang tergantung pada kebutuhan masing-masing ruangan. Beberapa ruangan harus dibersihkan setiap hari. Sementara tempat lain mungkin bisa dibersihkan seminggu sekali saja. Lalu, bagaimana dengan bahaya kamar mandi kotor?
Kamar mandi adalah tempat kita membersihkan diri. Kondisi yang lembap sepanjang waktu serta sisa-sisa kotoran seperti urin maupun feses kerap membuatnya menjadi lembap dan bau. Dalam keadaan seperti ini, kuman akan sangat mudah berkembang biak. Belum lagi aroma tidak sedap yang mungkin akan keluar dan mencemari ruangan lain di sekitarnya. Simak beberapa alasan lain mengapa kamar mandi harus bersih selalu berikut ini!

Kamar Mandi Kotor Bisa Jadi Sumber Penyakit

Bahaya kamar mandi kotor yang pertama berhubungan dengan kesehatan penggunanya. Kamar mandi yang tidak bersih bisa menjadi sumber berbagai infeksi dan penyakit yang bisa menyerang orang dari segala rentang usia. Bakteri, kuman dan kotoran bisa hidup selama berminggu-minggu di permukaan lantai, dinding dan closet kamar mandi jika tidak dibersihkan.
Beberapa jenis penyakit yang bisa ditularkan dari penggunaan kamar mandi yang kotor antara lain adalah hepatitis A, flu dan penyakit kulit. Kamar mandi umum memiliki risiko lebih besar lagi karena digunakan bersama-sama oleh orang banyak. Toilet umum yang kotor bahkan bisa menjadi tempat penularan penyakit menular seksual. Terlebih jika orang-orang yang menggunakannya enggan mencuci tangan dan membersihkan sisa-sisa kotoran dengan benar.

Lebih Hemat Biaya

Alasan lain mengapa kamar mandi harus selalu bersih adalah untuk menghemat biaya. Dilansir dari betterhousekeeper.com, kamar mandi yang kotor ternyata membuat orang cenderung menggunakan lebih banyak tisu toilet dan air. Misalnya saja, mereka akan menggunakan tisu untuk menyeka permukaan closet, keran dan bagian-bagian lain yang mereka sentuh.
Sering membersihkan kamar mandi juga memungkinkan Anda melakukan inspeksi jika ada bagian-bagian yang rusak. Pipa yang merembes, toilet yang mulai mampat dan kerusakan-kerusakan kecil lain bisa segera diperbaiki. Hal ini bisa mencegah kerusakan yang lebih besar yang akan menelan biaya lebih besar nantinya.

Memberikan Kesan yang Baik

Kamar mandi baik kamar mandi pribadi maupun kamar mandi umum yang bersih tentu akan memberikan citra dan kesan yang baik pada pemiliknya. Anda tidak tahu kapan ada tamu yang akan datang dan berkunjung ke rumah Anda. Menjaga kamar mandi dalam keadaan selalu bersih akan membuat tamu yang berkunjung merasa nyaman.
Hal yang sama juga berlaku jika Anda memiliki usaha seperti kafe maupun restoran. Kamar mandi dan WC yang bersih cenderung akan membuat pengunjung lebih bersih menggunakannya. Jika kamar mandi di kafe Anda terlihat kotor, konsumen tentu akan enggan berkunjung lagi.

Seberapa Sering Kamar Mandi Sebaiknya Dibersihkan?

Dilansir dari Love To Know, kamar mandi sebaiknya dibersihkan seminggu sekali. Tapi ada beberapa bagian yang cenderung lebih rentan kotor dan berkuman seperti closet, wastafel, pegangan keran dan tempat handuk. Bagian-bagian ini mungkin harus lebih Anda perhatikan.
Itulah beberapa alasan mengapa kamar mandi harus selalu bersih dan apa saja bahaya kamar mandi kotor. Selain menjaga kebersihan kamar mandi, menggunakan semua fasilitas yang ada dengan benar juga bisa menjaga kondisi kamar mandi lebih bersih lebih lama. Siram closet dengan benar serta cucilah tangan Anda sebelum dan setelah menggunakan kamar mandi. Dengan begitu risiko penularan berbagai penyakit bisa diminimalisasi.

Sumber referensi artikel:

The Importance of Cleaning the Bathroom And Toilet Regularly

https://www.webmd.com/balance/features/what-can-you-catch-in-restrooms
 

Product Disclaimer:
*Pernyataan ini belum dievaluasi oleh BPOM. Produk ini tidak dimaksudkan untuk mendiagnosa, mengobati, menyembuhkan, atau mencegah penyakit apapun.

Artikel Terbaru

8 Cara Alami Mengusir Lalat

8 Cara Alami Mengusir Lalat

Melihat lalat beterbangan di area rumah tentu sangat mengganggu. Pasalnya, selain membuat hunian terkesan kumuh, lalat yang berkeliaran juga bisa jadi sumber penyakit (mulai dari tifus hingga disentri) bagi penghuni rumah saat hinggap di makanan, minuman, atau...

Apakah Perlu Sarapan sebelum Olahraga Pagi?

Apakah Perlu Sarapan sebelum Olahraga Pagi?

Sarapan dan olahraga adalah dua hal baik yang seharusnya dijadikan aktivitas rutin saat pagi hari. Namun, keduanya terkadang membuat banyak orang bingung, mana yang harus dilakukan terlebih dahulu. Sarapan atau olahraga? Sebenarnya, pilihan jawaban perlukah sarapan...

penyebab uban tumbuh di usia muda

Mengapa Uban bisa Tumbuh di Usia Muda?

Selain kerutan kulit wajah, uban juga selalu dianggap sebagai tanda-tanda penuaan. Namun, benarkah uban hanya ditemukan pada orang-orang yang memasuki usia lanjut? Ternyata tidak! Ada banyak individu umur 20-an telah mengalami ubanan. Akibatnya, perubahan warna rambut...

Dapatkan Artikel Kesehatan Terbaru di Email Anda

Dapatkan Artikel Kesehatan Terbaru di Email Anda

Kami akan kirimkan artikel kesehatan terbaru ke email Anda. Daftarkan email Anda sekarang juga

Email Anda Sudah Berhasil Didaftarkan!

WhatsApp WA Chat