Menjaga Kesehatan Mata Menurut Para Ahli. Mata, khususnya retina, lebih-lebih makula, sangat rentan terhadap kerusakan akibat sinar ultraviolet dan juga efek oksidasi. Kerusakan ini dapat muncul akibat sinar matahari alami, sinar dari bola lampu, atau layar monitor komputer, paparan dari lingkungan sekitar, dan oksidan yang dihasilkan oleh metabolisme yang tinggi dari mata. Seiring waktu, beberapa hal tersebut dapat merusak dan terjadi penurunan ketajaman penglihatan seiring bertambahnya usia.
Yang menjadi perhatian khusus adalah faktor lingkungan yang mempengaruhi mata dan sinar yang memasuki mata dan merusaknya. Seperti halnya cahaya dengan intensitas tinggi (radiasi UV) dari  matahari yang dapat membakar dan merusak kulit kita, sinar yang sama ini juga dapat merusak struktur mata. Bisa dikatakan, hal ini bagaikan buah simalakama untuk mata Anda. Di satu sisi, mata membutuhkan cahaya agar Anda dapat melihat. Tetapi, mata juga harus meminimalkan cahaya yang ditangkapnya agar dapat mengurangi kerusakan yang ditimbulkan oleh cahaya.
Untuk melindungi dari efek berbahaya lingkungan dan cahaya, mata mengembangkan mekanisme menarik yaitu dengan mengkonsentrasikan zat tertentu untuk membantu meminimalkan kerusakan. Beberapa zat yang digunakan adalah Flavonoid, Vitamin C, Zat Seng, Lutein, dan Zeaxanthin. Flavonoid dan Vitamin C membantu peningkatakn kesehatan pembuluh darah, agar mata mendapatkan nutrisi yang cukup. Vitamin C dan Zat Seng bekerja bersama sebagai antioksidan untuk melindungi mata. Zat Seng, juga membantu transportasi Vitamin A, nutrisi yang sangat penting untuk penglihatan, menuju mata. Bagian tengah dari makula – bagian retina yang mendapatkan pancaran sinar paling kuat – memiliki pigmen kuning yang kental yang dinamakan pigmen makular. Pigmen makular membantu melindungi reseptor dalam makula yang sensitif terhadap cahaya, dari efek berbahaya dari cahaya dengan intensitas tinggi dan panjang gelombang yang pendek (juga disebut sebagai cahaya biru). Zat yang membentuk pigmen makular ini adalah Karotenoid, Lutein, dan Zeaxanthin.
Karoteniod terdiri dari bagian yang besar dari 750 pigmen tumbuhan yang muncul secara alami. Zat ini merupakan senyawa yang menyebabkan munculnya warna merah, oranye, dan kuning pada buah dan sayuran. Yang paling menarik adalah meskipun ada berbagai jenis Karotenoid di alam, mata mengembangkan kemampuan khusus untuk membentuk secara spesifik zat Lutein dan Zeaxanthin dalam mata, neuron tertentu yang memiliki pengaruh pada penglihatan, dan beberapa area pada otak. Bersama dengan zat-zat lainnya, mata memiliki kemampuan untuk mengimbangi stress yang didapatnya setiap hari.
Karena tubuh kita tidak dapat membentuk zat Lutein, Zeaxanthin, Vitamin C, zat Seng, dan Flavonoid, maka zat-zat tersebut harus didapat dari makanan yang kita makan maupun suplemen. Penelitian telah menunjukkan bila perlindungan yang didapat oleh mata ini berhubungan langsung dengan makanan yang kita makan. Jumlah dari zat-zat tersebut akan mulai meningkat beberapa hari dan terus meningkat selama Anda mengkonsumsi makanan yang mengandung zat-zat tersebut. Sayangnya, saat konsumsi makanan dengan zat-zat tersebut berhenti, tingkat perlindungan pada mata juga menurun dengan drastis. Karena itu, sangatlah penting untuk makan diet yang sehat secara rutin dan mengkonsumsi suplemen yang dapat mendukung kesehatan mata Anda.
Visionex dari USANA adalah produk vitamin yang dibuat khusus untuk menjaga kesehatan mata kita. Kandungan vitamin C, Zinc, ekstrak Bilberry, Lutein dan Zeaxanthin pada Visionex diformulasikan secara khusus oleh para ahli USANA untuk menjaga mata kita tetap sehat dan cemerlang.

Dapatkan Artikel Kesehatan Terbaru di Email Anda

Dapatkan Artikel Kesehatan Terbaru di Email Anda

Kami akan kirimkan artikel kesehatan terbaru ke email Anda. Daftarkan email Anda sekarang juga

Email Anda Sudah Berhasil Didaftarkan!

WhatsApp WA Chat