10 Penyebab Gangguan Penglihatan Mata Kabur Sebelah. Apakah Berbahaya?

by | Jul 3, 2021 | Artikel, Visionex | 0 comments

Ketika mata tiba-tiba terasa kabur dan buram sebelah sehingga cukup mengganggu penglihatan, mungkin kita akan merasa panik. Namun apakah mata kabur tersebut terjadi setelah mata mengeluarkan cairan atau sehabis menangis? Tetapi apabila tidak sehabis menangis dan gangguan mata ini kerap terjadi, maka kondisi mata kabur sebelah ini bisa terjadi akibat faktor lain yang menjadi penyebabnya.
Apabila kondisi ini sudah mengganggu penglihatan, jangan ragu untuk segera memeriksakan diri ke dokter spesialis mata. Jika kondisi ini tidak segera diketahui penyebabnya dan tidak segera diobati, maka akan menyebabkan sulit untuk melihat dan mengganggu aktivitas sehari-hari.
Gangguan mata ini dapat diatasi sementara dengan menggunakan kacamata maupun lensa kontak. Namun tetap diperlukan pemeriksaan lebih lanjut oleh dokter spesialis mata agar tidak terlambat dalam penanganannya untuk mencegah kebutaan.

Berbagai Penyebab Mata Kabur Sebelah
Beberapa penyebab mata kabur sebelah, yaitu:

1. Central Serous Chorioretinopathy (CSCR)
Tidak semua mata kabur sebelah terjadi karena CSCR, namun CSCR merupakan penyebab umum terjadinya mata buram sebelah. CSCR sendiri merupakan gangguan penglihatan yang terjadi karena adanya kebocoran cairan pada lapisan jaringan bawah retina (koroid). Cairan tersebut akan menumpuk pada retina dan menyebabkan penglihatan menjadi buram.

2. Katarak
Katarak merupakan suatu kondisi yang menyebabkan pengeruhan pada bagian lensa mata yang mengakibatkan pandangan menjadi buram. Dalam jangka waktu lama, katarak dapat menyebabkan kebutaan pada penderitanya.
Kondisi ini umumnya dialami oleh lansia yang terjadi akibat faktor penuaan. Selain itu, kondisi ini juga bisa terjadi akibat cedera atau gangguan kesehatan lainnya seperti diabetes, steroid, hipokalsemia, dan lain sebagainya.

3. Degenerasi Makula
Degenerasi makula biasanya terjadi pada lansia karena rusaknya area makula, yaitu area di sekitar retina mata yang berfungsi untuk menajamkan pandangan. Kondisi ini menyebabkan penderitanya tidak bisa melihat di lapang pandang bagian tengah.
Penyebab terjadinya degenerasi makula belum diketahui dengan pasti, tetapi faktor genetik, faktor usia, riwayat kesehatan, dan pola hidup dapat menjadi salah satu faktornya.

4. Glaukoma
Glaukoma merupakan salah satu penyakit mata yang terjadi karena adanya tekanan berlebih di dalam bola mata, yang terjadi karena adanya produksi cairan mata yang berlebihan atau karena adanya gangguan pada sistem aliran cairan mata di dalam bola mata.
Kondisi mata seperti ini dapat membuat saraf mata rusak secara permanen dan menyebabkan penglihatan menjadi buram.

5. Peradangan Saraf Mata (Neuritis Optik)
Salah satu penyebab mata kabur sebelah adalah peradangan saraf mata atau neuritis optik. Kondisi ini terjadi karena saraf mata mengalami peradangan yang terjadi karena lemahnya sistem imun tubuh, sehingga virus dapat menyerang saraf di bagian mata.

6. Infeksi pada Mata
Biasanya infeksi pada mata disebabkan oleh masuknya bakteri, virus, ataupun jamur ke dalam mata. Kondisi ini biasanya terjadi karena cedera ataupun tertular dari orang lain, misalnya konjungtivitis.
Meski biasanya kondisi ini tidak serius, namun infeksi mata tersebut mudah menular dan dapat menyebabkan mata kabur sebelah.

7. Penggunaan Kontak Lensa
Apabila Anda rutin menggunakan kontak lensa, Anda harus rutin untuk membersihkannya dan menggantinya setiap 6 hingga 12 bulan sekali. Sebab penggunaan kontak lensa yang kotor dan rusak dapat menyebabkan gangguan penglihatan. Hal ini disebabkan bahwa kontak lensa yang kotor tersebut dapat menginfeksi kornea mata.

8. Kadar Gula Tinggi
Kadar gula tinggi ini terjadi khususnya pada mereka yang menderita diabetes. Kondisi ini dapat menyebabkan lensa mata membengkak (Retinopati Diabetik) yang terjadi karena penyumbatan pembuluh darah di bagian retina mata.
Awalnya kondisi ini tidak memunculkan gejala, namun seiring berjalannya waktu, penglihatan mata kabur sebelah dan kemudian keduanya. Bila Anda mengalami kondisi tersebut, disarankan untuk segera memeriksakan diri ke dokter mata atau dokter mata ahli vitreo-retina. Apabila terlambat ditangani maka dapat menyebabkan kebutaan.

9. Tekanan Darah Tinggi
Tekanan darah tinggi juga dapat menyebabkan mata kabur sebelah yang terjadi karena stroke mini pada mata yang disebut oklusi vena. Kondisi ini biasanya ditandai dengan mata kabur sebelah karena hanya menyerang satu mata saja.

10. Mengonsumsi obat-obatan tertentu
Pandangan mata kabur sebelah juga bisa disebabkan oleh faktor lainnya, yakni penggunaan obat-obatan tertentu, seperti:
– Pil KB
– Beberapa obat anti hipertensi
– Beberapa obat Obat antikolinergik
– Kortikosteroid
– Obat-obatan anti depresan
– Obat-obatan untuk penyakit jantung
Apabila Anda mengalami gangguan penglihatan mata kabur sebelah yang jarang terjadi dan hilang begitu saja, kemungkinan itu bukanlah kondisi yang serius. Namun apabila Anda merasakannya dalam jangka waktu yang panjang dan disertai dengan gejala lainnya seperti kepekaan terhadap cahaya, melihat bayang-bayang atau bintik-bintik pada mata, hingga pendarahan pada bola mata, disarankan untuk segera menemui dokter spesialis mata. Hal ini bertujuan agar gangguan mata yang Anda alami tidak semakin parah dan juga untuk mencegah risiko gangguan mata permanen hingga kebutaan.

visionex usana indonesia
Sumber referensi artikel: https://www.alodokter.com/penyebab-mata-kabur-dan-kondisi-yang-mendasarinya https://www.klikdokter.com/info-sehat/read/3643320/mata-suka-buram-sebelah-apa-yang-salah https://www.sehatq.com/artikel/mata-buram-sebelah-apakah-penyebabnya  

Product Disclaimer:
*Pernyataan ini belum dievaluasi oleh BPOM. Produk ini tidak dimaksudkan untuk mendiagnosa, mengobati, menyembuhkan, atau mencegah penyakit apapun.

Artikel Terbaru

Pentingnya Asam Lemak Omega 3 untuk Kesehatan Tubuh Manusia

Pentingnya Asam Lemak Omega 3 untuk Kesehatan Tubuh Manusia

Agar tubuh manusia bisa menjalankan fungsinya dengan baik, diperlukan berbagai macam senyawa pendukung termasuk omega 3. Kelompok asam lemak ini memiliki manfaat besar bagi kesehatan tubuh. Yuk simak pentingnya asam lemak omega 3 dan bagaimana cara mendapatkannya. Apa...

Mengenal Koenzim Q10 Serta Manfaatnya Bagi Kesehatan

Mengenal Koenzim Q10 Serta Manfaatnya Bagi Kesehatan

Koenzim Q10 merupakan antioksidan yang dapat ditemukan pada sel tubuh manusia, khususnya pada jantung, ginjal, dan juga pankreas. Bagi Anda yang memiliki riwayat penyakit jantung atau sedang merawat keluarga yang memiliki penyakit jantung, pasti tidak asing dengan...

Ketahui Penyebab Persedian Sakit dan Cara Mengatasinya

Ketahui Penyebab Persedian Sakit dan Cara Mengatasinya

Mungkin Anda pernah merasakan persendian sakit dan nyeri, mungkin itu pertanda dari penyakit nyeri sendi. Sendi merupakan suatu jaringan yang menyambungkan antara dua tulang, berfungsi untuk membantu pergerakan tulang tersebut agar dapat bergerak dengan...

Dapatkan Artikel Kesehatan Terbaru di Email Anda

Dapatkan Artikel Kesehatan Terbaru di Email Anda

Kami akan kirimkan artikel kesehatan terbaru ke email Anda. Daftarkan email Anda sekarang juga

Email Anda Sudah Berhasil Didaftarkan!

WhatsApp WA Chat