5 Manfaat Minyak Ikan Untuk Ibu Hamil

by | Jun 17, 2021 | Artikel, Biomega | 0 comments

Minyak ikan dikenal memiliki banyak manfaatnya bagi tubuh dan juga baik bagi ibu hamil. Minyak ikan kaya akan Omega 3, yakni asam lemak yang mengandung nutrisi baik untuk menunjang kesehatan tubuh ibu maupun janin di kandungan.
Tak hanya itu, minyak ikan juga mengandung DHA (docosahexaenoic acid) dan EPA (eicosapentaenoic acid), keduanya merupakan bagian dari kelompok asam lemak Omega 3 yang sangat baik untuk perkembangan janin dalam kandungan.
Maka dari itu, sangat dianjurkan bagi ibu hamil untuk mengonsumsi minyak ikan selama masa kehamilan. Banyak manfaat yang bisa diperoleh dari minyak ikan tersebut untuk memenuhi nutrisi kehamilan, mulai dari untuk meningkatkan imunitas, mencegah kelahiran bayi prematur, dan meningkatkan kecerdasan bayi dalam kandungan.
Ibu hamil juga dianjurkan untuk mengonsumsi suplemen minyak ikan apabila ia masih kurang mendapatkan asupan Omega 3 dari ikan. Suplemen minyak ikan tersebut berbentuk gel, cair, maupun tablet kunyah yang berasal dari ikan salmon, dan tuna.
Minyak ikan kaya akan kandungan asam lemak Omega 3 EPA dan DHA yang baik untuk memenuhi nutrisi janin dalam kandungan. Maka dari itu, ibu hamil dianjurkan untuk mengonsumsi minyak ikan daripada mengonsumsi daging ikan yang berisiko mengandung merkuri. Merkuri yang dimaksud terdapat pada daging ikan, bukan pada lemak ikan yang digunakan sebagai minyak ikan.
Untuk lebih jelasnya mengenai manfaat minyak ikan untuk ibu hamil, berikut ini akan dipaparkan yang didapat dari berbagai sumber.

Manfaat Minyak Ikan Untuk Ibu Hamil dan Janin

Dengan berbagai kandungan nutrisi yang terdapat pada minyak ikan, manfaat lainnya yang baik untuk menunjang kesehatan ibu hamil antara lain:

1. Memelihara kesehatan jantung

Mengonsumsi minyak ikan bagi ibu hamil dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat pada tubuh, sehingga kesehatan ibu tetap terjaga dan terhindar dari penyumbatan pembuluh darah hingga menyebabkan serangan jantung.

2. Mengoptimalkan kesehatan ibu hamil

Kandungan DHA dan EPA yang terdapat pada minyak ikan dapat mengurangi risiko tekanan darah tinggi, persalinan prematur, dan juga meningkatkan berat badan lahir bayi.
Mengonsumsi minyak ikan bagi ibu hamil dapat memberikan asupan nutrisi yang penting bagi tubuh ibu, karena dapat menyeimbangkan aliran darah dan tekanan darah agar ibu terhindar dari hipertensi.

3. Mengurangi gejala depresi

Gangguan depresi bisa saja terjadi pada ibu hamil maupun pasca melahirkan. Ketika tubuh kekurangan Omega 3, maka dapat memicu risiko depresi pada ibu. Oleh karena itu, agar ibu terhindar dari gangguan mood, mengonsumsi minyak ikan yang kaya akan Omega 3 dapat membant mengurangi risiko depresi maupun stress semasa kehamilan maupun pasca melahirkan.

4. Nutrisi penting untuk ASI

Kandungan Omega 3 yang ada pada minyak ikan juga baik untuk pembentukan ASI nantinya. Sebuah studi telah membuktikan bahwa ibu hamil yang mengonsumsi minyak ikan yang kaya akan Omega 3, EPA, dan DHA semasa kehamilan memiliki kualitas ASI yang lebih baik.
Bayi yang mendapatkan ASI tersebut akan mendapatkan nutrisi yang optimal dan membantu perkembangannya.

5. Menjaga kesehatan kulit

Minyak ikan untuk ibu hamil juga memiliki manfaat yang baik untuk kulit. Terlebih untuk ibu hamil yang rentan akan alergi yang disebabkan karena perubahan hormon selama kehamilan. Sehingga dengan mengonsumsi minyak ikan secara rutin dapat mengurangi risiko kulit sensitif seperti radang, gatal, kemerahan dan lainnya.

Sementara itu, manfaat minyak ikan yang baik untuk kesehatan janin yang dikandung adalah sebagai berikut:

1. Meningkatkan kecerdasan bayi

Kandungan DHA yang ada pada minyak ikan yang dikonsumsi untuk ibu hamil dapat menstimulasi perkembangan otak dan pertumbuhan sistem syaraf janin dalam kandungan sehingga mampu meningkatkan kecerdasan otaknya.

2. Mengurangi risiko bayi lahir prematur

Minyak ikan yang dikonsumsi untuk ibu hamil dapat membantu mengurangi risiko ibu terkena gangguan aliran darah yang dapat menyebabkan hipertensi. Hipertensi yang dialami ibu hamil bisa menjadi pemicu bayi yang lahir secara prematur.
Maka ada baiknya bila ibu hamil mengonsumsi minyak ikan agar terhindar dari tekanan darah tinggi yang dapat menyebabkan bayi lahir prematur.

3. Membantu perkembangan mata bayi

Selama dalam kandungan, janin yang mendapatkan asupan Omega 3 dari ibunya akan mudah terserap pada jaringan tertentu yang membantu perkembangan janin, salah satunya adalah perkembangan mata bayi yang sehat dan kekebalan tubuh yang baik.

Tips Mengonsumsi Minyak Ikan Untuk Ibu Hamil

Sebelum Anda memutuskan akan mengonsumsi minyak ikan selama kehamilan, ada beberapa hal yang perlu Anda ketahui.
• Pilihlah minyak ikan yang terbuat dari tubuh ikan, bukan dari hati ikan seperti minyak ikan kod. Sebab minyak ikan kod mengandung retinol atau vitamin A yang dapat membahayakan janin.
• Konsultasikan terlebih dahulu pada dokter untuk menentukan berapa banyak dosis minyak ikan yang Anda perlukan selama kehamilan.
Mengonsumsi minyak ikan untuk ibu hamil memang diperlukan untuk membantu perkembangan janin dan juga menjaga kesehatan ibu selama kehamilan. Namun, jangan lupa untuk konsultasikan dahulu dengan dokter agar Anda dapat menentukan takaran yang tepat dan tidak berlebihan.

Suplemen BiOmega dari USANA dapat membantu menjaga tubuh tetap sehat. BiOmega memiliki omega-3, DHA, EPA dan vitamin D yang dibutuhkan tubuh kita. BiOmega juga memiliki dosis omega-3 yang baik untuk membantu memelihara kesehatan Anda. Minyak ikan yang digunakan dalam BiOmega dihasilkan dari tempat perikanan yang baik. Mengkonsumsi BiOmega dapat membantu memelihara kesehatan Anda dan keluarga BiOmega juga dilengkapi dengan rasa lemon yang menghilangkan rasa amis saat mengkonsumsinya*. Untuk pemesanan dapat melalui email [email protected]

Biomega USANA Indonesia
Sumber referensi artikel: https://www.alodokter.com/sebagian-minyak-ikan-untuk-ibu-hamil-justru-membahayakan-janin https://www.alodokter.com/manfaat-minyak-ikan-dalam-mengurangi-risiko-penyakit#:~:text=Minyak%20ikan%20juga%20baik%20dikonsumsi,meningkatkan%20berat%20badan%20lahir%20bayi. https://www.halodoc.com/artikel/4-manfaat-dha-dan-epa-yang-perlu-diketahui  

Product Disclaimer:
*Pernyataan ini belum dievaluasi oleh BPOM. Produk ini tidak dimaksudkan untuk mendiagnosa, mengobati, menyembuhkan, atau mencegah penyakit apapun.

Artikel Terbaru

8 Cara Alami Mengusir Lalat

8 Cara Alami Mengusir Lalat

Melihat lalat beterbangan di area rumah tentu sangat mengganggu. Pasalnya, selain membuat hunian terkesan kumuh, lalat yang berkeliaran juga bisa jadi sumber penyakit (mulai dari tifus hingga disentri) bagi penghuni rumah saat hinggap di makanan, minuman, atau...

Apakah Perlu Sarapan sebelum Olahraga Pagi?

Apakah Perlu Sarapan sebelum Olahraga Pagi?

Sarapan dan olahraga adalah dua hal baik yang seharusnya dijadikan aktivitas rutin saat pagi hari. Namun, keduanya terkadang membuat banyak orang bingung, mana yang harus dilakukan terlebih dahulu. Sarapan atau olahraga? Sebenarnya, pilihan jawaban perlukah sarapan...

penyebab uban tumbuh di usia muda

Mengapa Uban bisa Tumbuh di Usia Muda?

Selain kerutan kulit wajah, uban juga selalu dianggap sebagai tanda-tanda penuaan. Namun, benarkah uban hanya ditemukan pada orang-orang yang memasuki usia lanjut? Ternyata tidak! Ada banyak individu umur 20-an telah mengalami ubanan. Akibatnya, perubahan warna rambut...

Dapatkan Artikel Kesehatan Terbaru di Email Anda

Dapatkan Artikel Kesehatan Terbaru di Email Anda

Kami akan kirimkan artikel kesehatan terbaru ke email Anda. Daftarkan email Anda sekarang juga

Email Anda Sudah Berhasil Didaftarkan!

WhatsApp WA Chat