Ini 9 Cara Cegah Darah Tinggi tanpa Obat

by | May 27, 2021 | Artikel, Coquinone 30, Magnecal D, Proflavanol C | 0 comments

Tekanan darah tinggi yang sering disebut hipertensi adalah kondisi kronis yang tidak dapat disembuhkan. Meskipun demikian, tekanan darah tinggi atau hipertensi ini masih dapat dikontrol sehingga tekanan darah dapat turun. Tekanan darah tinggi yang terjadi saat tekanan darah di dinding arteri meningkat ini tidak menimbulkan gejala.
Jadi, cara mengetahui seseorang mengalami hipertensi atau tidak adalah dengan melakukan cek tekanan darah secara rutin. Tekanan darah normal berada di angka 90/60 mmHg – 120/80 mmHg.
Umumnya untuk mengatasi hipertensi ini banyak orang mengonsumsi obat-obatan yang bisa menimbulkan efek samping. Lalu adakah alternatif cara kita bisa cegah darah tinggi tanpa obat? Yuk, simak penjelasan berikut.

 

proflavanol C USANA Indonesia

Penyebab Hipertensi

Penyebab hipertensi bisa dipicu oleh banyak hal, tetapi penyebab terbesar berasal dari faktor genetik serta pola hidup yang kurang sehat. Oleh karenanya gaya hidup menjadi cara terpenting untuk mengatasi tekanan darah tinggi. Dengan mengubah pola hidup yang sehat akan mampu mengatasi penyakit hipertensi tanpa harus memakai obat dokter.
Tekanan darah tinggi ini bila terjadi secara terus menerus bisa menyebabkan masalah serius dan mengancam nyawa. Pasalnya hipertensi bisa memicu penyakit lain yang bermacam-macam seperti serangan stroke, sakit jantung, arteri perifer, ginjal, hingga demensia vaskular.

Ini 9 Cara Cegah darah tinggi tanpa obat

Jika tekanan darah Anda mendekati angka 120/80 mmHg, Anda tidak perlu langsung mengonsumsi obat-obatan. Ada alternatif lain yaitu cara cegah darah tinggi tanpa obat. Berikut ini penjelasannya.

1. Pola makan yang baik

Makan makanan sehat dianggap dapat menurunkan tekanan darah tinggi dengan cepat seperti ikan salmon, wortel, sayuran hijau, buah citrus, bit, yogurt, dan susu rendah lemak.

2. Mengonsumsi lebih banyak kalium

Tingkatkan asupan kalium untuk menurunkan efek natrium tekanan darah Anda. Pastikan untuk mengonsumsi buah dan sayur dibandingkan minum suplemen.

3. Mengurangi Natrium

Dengan mengurangi konsumsi natrium – meski dalam jumlah kecil – akan dapat membantu menurunkan tekanan darah sebanyak 5 – 6 mmHg. Natrium banyak terdapat dalam garam. Oleh karenanya, Anda sebaiknya mengurangi konsumsi garam yang satu sendoknya mengandung 2.300 mg natrium.

4. Tidak merokok dan minum alkohol

Sebatang rokok dipercaya akan meningkatkan tekanan darah selama beberapa menit setelah merokok. Pasalnya nikotin dalam rokok dapat menyebabkan pembuluh darah menyempit sehingga tekanan darah naik.
Meskipun kondisi Anda sehat, hindari juga untuk mengonsumsi alkohol karena dapat membuat tekanan darah meningkat sebesar 1 mmHg dari setiap 10 gram alkohol.

5. Rutin berolahraga

Olah raga teratur sangat efektif untuk menurunkan tekanan darah tinggi hingga 5 – 8 mmHg khususnya bagi mereka yang mengalami hipertensi. Sedang bagi Anda yang masih dalam tahap prehipertensi olah raga akan mampu menghambat hipertensi.
Aktivitas fisik seperti jalan kaki, aerobik, bersepeda, joging, yang dilakukan rutin setiap hari akan menjaga pembuluh darah arteri lebih elastis. Dengan demikian aliran darah normal dan akhirnya dapat menurunkan tekanan darah. Olahraga ini sebaiknya dilakukan minimal selama 150 menit seminggu atau 30 menit per hari agar mampu menurunkan tekanan darah.

6. Hindari Stres

Stres yang sudah kronis bisa memicu tekanan darah tinggi terutama jika saat stres Anda merokok, makan makanan yang tidak sehat dan minum alkohol.

7. Menjaga agar tidak obesitas

Jika berat badan tidak ideal dapat menyebabkan tekanan darah naik. Oleh karenanya menjaga berat badan seimbang bisa menjadi cara cegah darah tinggi tanpa obat. Dengan menurunkan berat badan dapat menjadi cara mengubah gaya hidup secara efektif guna mengontrol tekanan darah Anda. Jka berat badan Anda turun sedikit saja bisa membantu penurunan tekanan darah.

8. Paparan sinar matahari

Lakukan banyak aktivitas di luar rumah, agar Anda bisa mendapatkan paparan sinar matahari yang kaya vitamin D. Tubuh membutuhkan asupan vitamin D agar tidak memicu tekanan darah tinggi.

9. Cukup tidur

Idealnya orang dewasa membutuhkan waktu tidur minimal 7 jam sehari. Saat tidur tekanan darah akan menurun. Jadi Anda harus tidur cukup, tetapi pastikan tidur Anda berkualitas atau nyenyak. Apabila waktu tidur Anda kurang kurang dari 5 jam per hari dapat menyebabkan stres yang akhirnya memicu terjadinya hipertensi.

magnecal D usana Indonesia

Nah, itulah penjelasan 9 hal yang bisa Anda lakukan untuk cegah darah tinggi tanpa obat. Namun, jangan lupa untuk melakukan cek tekanan darah secara rutin. Dengan demikian, Anda dapat memantau apakah gaya hidup dan pola makan anda sudah sehat?
Selain menerapkan 9 hal di atas, sempatkan waktu sejenak untuk bersantai dan melakukan hobi yang menyenangkan hati Anda. Pastikan juga untuk tetap selalu bersyukur dan memaafkan orang lain. Dengan demikian Anda akan terhindar dari stres yang dapat dengan mudah menyebabkan tekanan darah tinggi. Jangan lupa kunjungi dokter secara rutin untuk memantau tekanan darah Anda.

Menkonsumsi supelemen juga dapat membantu menjaga kesehatan dan tekanan darah. Suplemen makanan dari USANA yaitu Proflavanol C dengan kandungan antioksidan yang kuat, CoQuinone dengan kandungan koenzim Q10 dan alpha-lipoic acid yang dapat memperkuat otot jantung, dan Magnecal D dengan kandungan magnesium dan vitamin D yang dapat membantu menjaga tekanan darah. Produk-produk tersebut sudah bisa didapatkan di Indonesia. Untuk pemesanan dapat menghubungi email [email protected]

Sumber referensi artikel:  https://hellosehat.com/jantung/hipertensi/cara-menurunkan-tekanan-darah/ https://health.kompas.com/read/2020/12/09/160300168/12-cara-menurunkan-darah-tinggi-tanpa-obat?page=all https://id.berita.yahoo.com/16-cara-menurunkan-darah-tinggi-023059365.html

Product Disclaimer:
*Pernyataan ini belum dievaluasi oleh BPOM. Produk ini tidak dimaksudkan untuk mendiagnosa, mengobati, menyembuhkan, atau mencegah penyakit apapun.

Artikel Terbaru

8 Cara Alami Mengusir Lalat

8 Cara Alami Mengusir Lalat

Melihat lalat beterbangan di area rumah tentu sangat mengganggu. Pasalnya, selain membuat hunian terkesan kumuh, lalat yang berkeliaran juga bisa jadi sumber penyakit (mulai dari tifus hingga disentri) bagi penghuni rumah saat hinggap di makanan, minuman, atau...

Apakah Perlu Sarapan sebelum Olahraga Pagi?

Apakah Perlu Sarapan sebelum Olahraga Pagi?

Sarapan dan olahraga adalah dua hal baik yang seharusnya dijadikan aktivitas rutin saat pagi hari. Namun, keduanya terkadang membuat banyak orang bingung, mana yang harus dilakukan terlebih dahulu. Sarapan atau olahraga? Sebenarnya, pilihan jawaban perlukah sarapan...

penyebab uban tumbuh di usia muda

Mengapa Uban bisa Tumbuh di Usia Muda?

Selain kerutan kulit wajah, uban juga selalu dianggap sebagai tanda-tanda penuaan. Namun, benarkah uban hanya ditemukan pada orang-orang yang memasuki usia lanjut? Ternyata tidak! Ada banyak individu umur 20-an telah mengalami ubanan. Akibatnya, perubahan warna rambut...

Dapatkan Artikel Kesehatan Terbaru di Email Anda

Dapatkan Artikel Kesehatan Terbaru di Email Anda

Kami akan kirimkan artikel kesehatan terbaru ke email Anda. Daftarkan email Anda sekarang juga

Email Anda Sudah Berhasil Didaftarkan!

WhatsApp WA Chat