Tidak banyak orang yang sehat menyadari pentingnya fungsi hati atau liver bagi kesehatan tubuh secara keseluruhan. Apabila hati atau liver terganggu akan sangat memengaruhi kesehatan tubuh dan baru terasa betapa pentingnya fungsi hati yang menjaga kelangsungan hidup. Oleh karenanya penting untuk mengetahui cara mengobati fungsi hati secara alami, apalagi bila Anda mulai merasakan gangguan fungsi hati.

Fungsi Hati bagi Kesehatan Tubuh

Hati atau liver ini terletak di bawah diafragma tepatnya di perut bagian kanan atas, memenuhi sebagian besar ruang di bawah tulang rusuk serta sebagian kecil ruang di perut kiri atas. Sedangkan di cekungan kecil bagian bawah hati, terletak kandung empedu, tempat cairan empedu disimpan.
Inilah fungsi hati bagi kesehatan tubuh yang perlu Anda ketahui.

  • Menghancurkan sel darah merah yang sudah tua. Bila tinja berwarna coklat berarti telah terjadi proses penghancuran ini. Sebaliknya jika tinja pucat dan urin berwarna gelap, pertanda adanya masalah pada fungsi hati.
  • Membersihkan darah dari zat berbahaya. Zat berbahaya ini meliputi obat-obatan, racun, dan alkohol.
  • Menyimpan energi untuk tubuh dalam bentuk glikogen. Glikogen ini diubah menjadi glukosa.
  • Menyimpan kelebihan nutrisi. Nutrisi berupa asam folat, zat besi, dan vitamin ( A, B12, D, dan K) serta membawanya ke aliran darah.
  • Memproduksi kolesterol, trigliserida, dan protein pembawanya. Semua zat ini dialirkan ke dalam darah.
  • Memproduksi protein. Protein berfungsi untuk menjaga cairan dalam sistem sirkulasi tubuh, faktor pembekuan darah, serta sistem kekebalan tubuh.
  • Memproduksi hormon yang diperlukan tubuh.
  • Menghasilkan cairan empedu. Cairan empedu ini dibutuhkan untuk membantu pencernaan makanan.
  • Menghasilkan protein darah. Protein darah berfungsi untuk mengangkut oksigen dan fungsi sistem kekebalan tubuh.
  • Memecah lemak jenuh dan menghasilkan kolesterol.
  • Menyimpan kelebihan nutrisi dan mengembalikan sebagian ke aliran darah.

Vitamin Hati Mengatasi Gangguan Fungsi Hati Secara Alami

Bila fungsi hati manusia mengalami kerusakan, tidak dapat diperbaiki lagi kecuali dilakukan transplantasi. Penyakit hati atau liver ini disebabkan oleh berbagai faktor yang merusak hati, misalnya adanya infeksi virus seperti hepatitis B dan C, penyakit metabolik, penggunaan alkohol, deposisi besi yang berlebih di sel hati, serta obesitas. Kerusakan hati ini akan berdampak pada luka di jaringan, yang dapat menyebabkan gagal hati. Kondisi ini bahkan bisa mengancam jiwa.

Detoksifikasi Hati dan Vitamin Alami bagi Fungsi Hati

Seseorang yang memiliki hati yang tidak sehat, biasanya akan mengalami kelelahan dan rentan terhadap masalah pencernaan. Untuk menghindari penyakit hati atau gejala kegagalan hati, perlu tindakan pencegahan dengan cara membersihkan hati sebagai pencegahan terbaik.
Membersihkan hati menjadi prosedur sederhana yang bisa membantu meningkatkan kerja sistem pencernaan, serta menghilangkan rasa sakit dan alergi setelah hati menjadi bersih. Sebelum memulai program pembersihan hati atau detoks hati, terlebih dahulu harus melakukan pembersihan usus besar.
Detoksifikasi hati akan bekerja dengan baik, jika Anda membersihkan usus besar terlebih dahulu dengan membuang zat-zat limbah dari tubuh. Ini dilakukan untuk menghindari kondisi yang lebih buruk dan tekanan yang berlebihan pada hati.

  • Detoksifikasi hati bisa dilakukan dengan pemberian nutrisi yang dibutuhkan melalui makanan segar dan organik yang alami.
  • Zat-zat dan makanan yang dibutuhkan sebagai pembersih hati atau detoks hati antara lain: Susu, selenium, beta karoten, vitamin E, N-acetyl-cysteine (NAC), Jahe, bawang putih, beras coklat, kacang-kacangan, kacang merah, jambu mete, beras pasta, vitamin B seperti riboflavin dan niacin,
  • Buah yang mengandung vitamin C (anggur, lemon, jeruk), serta sayur-sayuran pembersih hati seperti kembang kol, brokoli, kol, kubis Brussel, bawang, dan lobak.

Jika Anda ingin mengatasi masalah gangguan fungsi hati serta benar-benar dapat menjaga kesehatan hati dalam jangka panjang, Anda bisa menambahkan vitamin hati alami. Jangan khawatir, saat ini telah tersedia asupan vitamin hati alami ini dalam bentuk suplemen. Suplemen berikut ini bisa memberikan nutrisi yang luar biasa.

  • Suplemen jenis terbaru yaitu Hepasil DTX yang berfungsi melindungi kerja organ hati secara optimal. Hepasil DTX merupakan ekstrak susu thistle produk dari USANA, yang mampu menstimulasi enzim hati.
  • Hepasil DTX ini juga mengandung berbagai bahan yang bermanfaat lain seperti ekstrak the hijau, kunyit, Olivol™, dan asam alfa-lifoik yang dapat lebih menunjang kerja hati.

Jadi, Anda bisa mencoba kepraktisan dan nutrisi luar biasa dari Hepasil DTX ini sebagai cara mengatasi gangguan fungsi hati secara alami. Semoga bermanfaat.

 

Dapatkan Artikel Kesehatan Terbaru di Email Anda

Dapatkan Artikel Kesehatan Terbaru di Email Anda

Kami akan kirimkan artikel kesehatan terbaru ke email Anda. Daftarkan email Anda sekarang juga

Email Anda Sudah Berhasil Didaftarkan!

WhatsApp WA Chat