5 Jenis Makanan yang Mengandung Vitamin dan Mineral

by | Jun 16, 2021 | Artikel, Cellcentials | 0 comments

Vitamin dan mineral merupakan nutrisi harian yang dibutuhkan oleh tubuh. Apabila tubuh mendapatkan nutrisi vitamin dan mineral yang cukup, maka fungsi organ tubuh dan metabolisme kita mampu berjalan lancar sehingga kesehatan tubuh terjaga.
Maka mendapatkan asupan vitamin dan mineral yang cukup bagi tubuh sangat penting. Sebab, vitamin dan mineral memiliki fungsi untuk menjaga kesehatan, menangkal radikal bebas, dan juga mencegah terjadinya malnutrisi atau kekurangan gizi.
Maka itu, mendapatkan gizi yang seimbang tentu merupakan hal yang penting apabila kita  akan menjalani pola hidup sehat. Kebutuhan gizi setiap orang pun berbeda-beda, tergantung pada banyak faktor seperti usia, jenis kelamin, berat badan, tinggi badan, dan aktivitas fisik yang dilakukan orang tersebut.

Mana yang Lebih Dibutuhkan Tubuh: Vitamin atau Mineral?

Zat gizi yang diperlukan tubuh tersebut terbagi dua, yakni makronutrien dan mikronutrien. Makro nutrien merupakan zat gizi yang diperlukan tubuh dalam jumlah besar seperti karbohidrat, protein, maupun lemak.
Sedangkan mikronutrien yaitu zat gizi yang diperlukan oleh tubuh dalam jumlah yang lebih sedikit, misalnya adalah vitamin dan mineral. Meskipun hanya dalam jumlah kecil, namun vitamin dan mineral memiliki fungsi yang penting dalam tubuh.
• Vitamin
Vitamin terbagi menjadi dua, yaitu vitamin yang mampu dilarutkan lemak tubuh dan vitamin yang harus dilarutkan oleh cairan tubuh. Vitamin B dan C merupakan kategori yang harus dilarutkan oleh cairan tubuh, namun tidak bisa disimpan oleh tubuh. Maka harus dijaga asupannya secara rutin karena kedua vitamin itu akan terbuang dari tubuh melalui urin.
Sedangkan vitamin A, D, E, dan K merupakan vitamin yang larut dalam lemak yang mudah ditemukan pada beberapa makanan.
• Mineral
Tak hanya vitamin, tubuh kita juga membutuhkan asupan mineral agar dapat berfungsi dengan optimal. Umumnya, kebutuhan mineral ini dapat terpenuhi apabila kita mengonsumsi makanan dengan gizi dan seimbang.

Makanan Apa Saja yang Mengandung Vitamin dan Mineral

Sebenarnya kita dapat mendapatkan asupan vitamin dan mineral melalui suplemen. Namun ada baiknya bila kita mendapatkannya dari makanan alami. Berikut ini 5 jenis makanan yang mengandung vitamin dan mineral untuk tubuh:
1. Produk Olahan Susu

Produk-produk yang mengandung susu, begitu pula dengan olahan susu seperti yogurt dan keju dikenal kaya akan vitamin A, B, D, dan kalsium. Kalsium merupakan salah satu mineral yang dibutuhkan untuk menjaga kesehatan dan kekuatan tulang dan gigi. Selain itu, kalsium memiliki peran berupa menjaga kesehatan jantung serta memastikan saraf dan otot tubuh bekerja dengan semestinya.

2. Kacang-kacangan dan biji-bijian

Makanan yang mengandung vitamin dan mineral juga dapat kita temukan pada kacang-kacangan dan biji-bijian. Kedua jenis makanan ini kaya akan asam folat, vitamin E, dan juga vitamin K. Selain itu juga kaya akan magnesium, seng, mangan, tembaga, salenium, dan fosfor.
Kacang-kacangan maupun biji-bijian bisa dijadikan camilan yang sehat dan kaya akan nutrisi. Bila ingin sesuatu yang berbeda, bisa dicampurkan ke smoothies atau oatmeal untuk sarapan di pagi hari.

3. Sayuran Hijau

Sedari kecil kita sudah dianjurkan untuk banyak mengonsumsi sayur-sayuran karena kaya akan nutrisi yang bermanfaat bagi tubuh kita. Mulai dari vitamin A yang ada pada bayam, vitamin B, C, K, asam folat, zat besi, dan berbagai vitamin serta mineral lainnya yang ada pada sayuran hijau seperti brokoli, kale, kembang kol, pakcoy, dan sayuran hijau lainnya. Menikmati sayuran hijau ini dapat dikukus, ditumis, atau dipanggang.

4. Ikan Laut

Ikan laut sangat dianjurkan untuk dikonsumsi, baik untuk anak-anak maupun orang dewasa karena termasuk makanan yang kaya akan vitamin dan mineral. Mulai dari vitamin A, B, D, dan mineral seperti selenium, zinc, dan yodium.
Salah satu ikan yang kaya akan vitamin dan mineral yaitu ikan salmon, ikan kembung, ikan tuna, ikan tenggiri, maupun ikan sarden. Selain rasanya yang lezat, ikan laut kaya akan nutrisi yang baik untuk kesehatan mata, otak, jantung, sistem imun, hingga untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi.

5. Telur

Telur merupakan makanan yang mengandung vitamin dan mineral penting dan juga mudah ditemukan di mana saja. Telur kaya akan zat besi, protein, selenium, zinc, vitamin E, vitamin B, antioksidan, serta masih banyak lagi.
Meski banyak orang tidak menyukai kuning telur karena memiliki kandungan kolesterol yang tnggi, namun pada kuning telur itulah terdapat banyak vitamin dan mineral yang baik untuk kesehatan tubuh.
Vitamin dan mineral merupakan nutrisi yang penting untuk kesehatan tubuh kita. Setelah mengetahui makanan apa saja yang mengandung vitamin dan mineral, ada baiknya apabila diiringi juga dengan menerapkan pola makan bergizi seimbang. Terlebih lagi makanan-makanan ini mudah ditemukan karena ada di sekitar kita dan juga memiliki rasa yang enak dan lezat.
Jika asupan nutrsisi sehari-hari dirasa kurang, Anda dapat mengonsumsi suplemen yang dapat memenuhi nutrisi harian Anda Namun sebelum menentukan suplemen apa yang cocok, ada baiknya apabila berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu.

Cellsentials yang sudah didistribusikan oleh USANA Indonesia terdiri dari Core Minerals dan USANA Vitox dapat membantu memberi nutrisi penting untuk tubuh supaya tetap sehat.

CORE MINERALS dari USANA dapat menyediakan Vitamin C, Selenium, Chromium, Molibdenum, Vanadium dan vitamin, mineral penting lainnya untuk membantu memelihara kesehatan tubuh kita. Mineral dan mikro mineral hanya memiliki jumlah yang sedikit dalam kebutuhan tubuh kita. Tanpa mereka, tubuh kita tidak akan berfungsi dengan baik. Berbagai vitamin dan enzim membutuhkan mineral agar dapat
berfungsi secara normal dan setiap mineral memiliki peranan dalam tubuh.
USANA VITOX dapat membantu memberikan mikronutrisi seperti Folat, Retinil Acetate, Beta Caroten, Curcumin, Olive Fruit Extract, Coenzym Q10, Resveratrol, Lycopene
dan vitamin, fitonutrisi penting lainnya yang dibutuhkan untuk memelihara kesehatan tubuh kita*.

Untuk pemesanan dapat melalui email [email protected]

Cellsentials usana indonesia

Sumber referensi artikel:

https://www.alodokter.com/kenali-beragam-vitamin-dan-mineral-yang-penting-untuk-kesehatanhttps://www.halodoc.com/artikel/pola-hidup-sehat-dengan-menerapkan-pedoman-gizi-seimbanghttps://www.alodokter.com/kenali-macam-macam-mineral-yang-dibutuhkan-oleh-tubuh

Product Disclaimer:
*Pernyataan ini belum dievaluasi oleh BPOM. Produk ini tidak dimaksudkan untuk mendiagnosa, mengobati, menyembuhkan, atau mencegah penyakit apapun.

Artikel Terbaru

Apakah Perlu Sarapan sebelum Olahraga Pagi?

Apakah Perlu Sarapan sebelum Olahraga Pagi?

Sarapan dan olahraga adalah dua hal baik yang seharusnya dijadikan aktivitas rutin saat pagi hari. Namun, keduanya terkadang membuat banyak orang bingung, mana yang harus dilakukan terlebih dahulu. Sarapan atau olahraga? Sebenarnya, pilihan jawaban perlukah sarapan...

penyebab uban tumbuh di usia muda

Mengapa Uban bisa Tumbuh di Usia Muda?

Selain kerutan kulit wajah, uban juga selalu dianggap sebagai tanda-tanda penuaan. Namun, benarkah uban hanya ditemukan pada orang-orang yang memasuki usia lanjut? Ternyata tidak! Ada banyak individu umur 20-an telah mengalami ubanan. Akibatnya, perubahan warna rambut...

mengenal gejala darah tinggi pada ibu hamil

Mengenal Gejala Darah Tinggi pada Ibu Hamil

Tekanan darah tinggi atau hipertensi merupakan kondisi ketika tekanan darah lebih besar dari atau sama dengan 130/80 mm Hg. Kondisi ini menjadi perhatian serius bagi sebagian besar ibu hamil. Pasalnya, ibu hamil memang rentan mengalami penyakit darah tinggi. Jika...

Dapatkan Artikel Kesehatan Terbaru di Email Anda

Dapatkan Artikel Kesehatan Terbaru di Email Anda

Kami akan kirimkan artikel kesehatan terbaru ke email Anda. Daftarkan email Anda sekarang juga

Email Anda Sudah Berhasil Didaftarkan!

WhatsApp WA Chat