5 Manfaat Ekstrak Biji Anggur Untuk Kesehatan

by | Jun 15, 2021 | Artikel, Proflavanol C | 0 comments

Pada saat mengonsumsi anggur, terkadang secara tak sengaja kita menelan atau mengunyah bijinya yang terasa pahit di lidah. Namun Anda tak perlu khawatir bila termakan bijinya, sebab biji anggur ternyata punya banyak manfaat yang baik untuk kesehatan, lho!
Semua jenis anggur memiliki biji yang bisa Anda makan. Mungkin Anda terganggu dengan rasanya yang pahit, namun sebenarnya rasa pahit tersebut sebenarnya adalah hal yang baik karena berasal dari kandungan nutrisi seperti antioksidan, flavonoid, dan polifenol.
Meski begitu, manfaat dari biji anggur tersebut bisa diperoleh tanpa harus mengunyah biji anggur secara langsung. Anda tetap bisa mendapatkan manfaat biji anggur yang telah diolah atau diekstrak menjadi minyak ataupun suplemen makanan.
Ekstrak biji anggur yang diolah menjadi suplemen tersebut dibuat dengan cara mengeringkan dan melumatkan biji anggur. Kandungan nutrisi yang ada di dalamnya bisa Anda dapatkan tanpa harus mengonsumsi biji anggur yang rasanya pahit.
Apa saja manfaat ekstrak biji anggur itu? Simak uraian berikut ini yang telah dirangkum dari berbagai sumber:

1. Mengurangi resiko penyakit jantung

Ekstrak dari biji anggur mengandung antioksidan, seperti flavonoid, polifenol, dan oligomeric proanthocyanidins complexes (OPC) yang terkenal dipercaya dapat melindungi pembuluh darah dari kerusakan sehingga dapat mengurangi resiko serangan jantung.
Selain itu, flavonoid yang terkandung di dalamnya dapat menurunkan kadar kolestrol jahat yang ada di dalam tubuh, serta OPC yang dapat menurunkan tekanan darah tinggi dan kolestrol.

2. Menurunkan kolestrol

Manfaat lainnya yang bisa didapat adalah dapat menurunkan kadar kolestrol yang ada di dalam darah. Bila terdapat kolestrol menumpuk di dalam pembuluh darah, maka dapat menyebabkan aliran darah terhambat dan memicu penyakit jantung dan stroke.
Maka dari itu, kandungan yang terdapat pada ekstrak dari biji anggur tersebut, yaitu flavonoid, dapat menghambat pembentukan kolestrol yang dapat menyumbat pembuluh darah. Selain itu, kandungan flavonoid tersebut dapat memperbaiki pembuluh darah yang rusak akibat radikal bebas.

3. Mempercepat Proses Penyembuhan Luka

Apabila Anda akan menjalani operasi kecil ataupun besar, mungkin Anda dapat mengonsumsi ekstrak dari biji anggur setelahnya. Menurut studi yang telah dilakukan pada 35 orang dewasa yang sudah menjalani operasi, kemudian diberikan ekstrak dari biji anggur sebanyak 2% dan plasebo, menunjukkan bahwa mereka mengalami penyembuhan yang lebih cepat setelah 8 hari. Sedangkan mereka yang diberikan plasebo membutuhkan 14 hari untuk pulih.
Studi tersebut menunjukkan bahwa kandungan senyawa proantosianidin pada ekstrak dari biji anggur menstimulasi faktor pertumbuhan jaringan tertentu dan meningkatkan produksi endotel vaskular yang dapat membantu mempercepat proses penyembuhan luka.

4. Menstimulasi fungsi otak

Ekstrak dari biji anggur yang kaya akan antioksidan mampu melawan radikal bebas serta meregenerasi sel-sel yang rusak pada tubuh. Kandungan proantosianidin yang sangat tinggi dapat menstimulasi fungsi otak untuk mencegah penurunan kognitif serta mencegah penyakit alzheimer.
Proantosianidin telah teruji dapat menstimulasi otak dengan cara mengurangi peradangan dan juga stress pada otak untuk mencegah hilangnya kognitif yang disertai penuaan.

5. Memelihara kesehatan kulit

Tak hanya baik untuk kesehatan tubuh, namun ekstrak biji anggur juga baik untuk menjaga kesehatan kulit. Di dalam kandungan ekstrak biji anggur terdapat antioksidan yang sangat tinggi, bahkan lebih tinggi bila dibandingkan dengan vitamin C, E, dan A, sehingga dipercaya mampu melawan radikal bebas untuk mengurangi gejala penuaan dan membuat kulit tetap lembap, mulus, dan kenyal karena dinutrisi dari dalam.

Aturan Mengonsumsi Ekstrak Biji Anggur

Manfaat yang ditawarkan oleh ekstrak biji anggur memang sangat baik untuk kesehatan tubuh maupun kulit. Namun ada baiknya untuk memperhatikan beberapa hal yang harus diperhatikan agar kita mendapatkan manfaat dari ekstrak biji anggur tersebut. Simak hal-hal berikut, ya.
Konsultasikan dahulu dengan dokter
Apabila Anda akan mengonsumsu ekstrak biji anggur sebagai suplemen, Anda harus mengetahui dosis yang sesuai sebelum mengonsumsi ekstrak biji anggur. Konsultasikan pada dokter atau ahli kesehatan untuk mentukan dosis yang Anda butuhkan.
Ketahui terlebih risiko dan efek sampingnya
Ekstrak biji anggur umumnya tidak memiliki efek samping ketika dikonsumsi. Namun ada beberapa yang merasakan efek samping berupa sakit kepala, rasa kering dan gatal di kulit kepala, maupun rasa mual yang muncul setelah mengonsumsi ekstrak biji anggur.
Selain itu, penggunaan ekstrak biji anggur untuk wanita hamil, ibu menyusui, anak-anak, serta orang yang sedang dalam dalam kondisi medis ataupun sedang dalam pengobatan harus berhati-hati dalam dosisnya. Oleh sebab itu, konsultasikan terlebih dahulu pada dokter sebelum menggunakannya.
Setelah membaca artikel di atas, begitu banyak manfaat yang diperoleh dari ekstrak biji anggur. Namun ada baiknya untuk berkonsultasi terlebih dahulu pada dokter sebelum Anda memutuskan untuk mengonsumsi ekstrak biji anggur agar Anda bisa mendapatkan manfaat terbaiknya.

Proflavanol C sudah didistribusikan oleh  USANA Indonesia yaitu suplemen vitamin  C yang memiliki kandungan ekstrak biji anggur dan vitamin C yang dibutuhkan tubuh Anda. Kombinasi ini dirancang untuk membantu memelihara kesehatan
Anda*.

Untuk pemesanan dapat melaui email [email protected]

proflavanol C usana indonesia

Sumber referensi artikel:

https://www.alodokter.com/ini-fakta-flavonoid-yang-perlu-anda-ketahui
https://hellosehat.com/nutrisi/fakta-gizi/manfaat-biji-anggur/
https://www.sehatq.com/artikel/tak-cuma-buahnya-manfaat-biji-anggur-ini-juga-patut-dicoba

 

Product Disclaimer:
*Pernyataan ini belum dievaluasi oleh BPOM. Produk ini tidak dimaksudkan untuk mendiagnosa, mengobati, menyembuhkan, atau mencegah penyakit apapun.

Artikel Terbaru

8 Cara Alami Mengusir Lalat

8 Cara Alami Mengusir Lalat

Melihat lalat beterbangan di area rumah tentu sangat mengganggu. Pasalnya, selain membuat hunian terkesan kumuh, lalat yang berkeliaran juga bisa jadi sumber penyakit (mulai dari tifus hingga disentri) bagi penghuni rumah saat hinggap di makanan, minuman, atau...

Apakah Perlu Sarapan sebelum Olahraga Pagi?

Apakah Perlu Sarapan sebelum Olahraga Pagi?

Sarapan dan olahraga adalah dua hal baik yang seharusnya dijadikan aktivitas rutin saat pagi hari. Namun, keduanya terkadang membuat banyak orang bingung, mana yang harus dilakukan terlebih dahulu. Sarapan atau olahraga? Sebenarnya, pilihan jawaban perlukah sarapan...

penyebab uban tumbuh di usia muda

Mengapa Uban bisa Tumbuh di Usia Muda?

Selain kerutan kulit wajah, uban juga selalu dianggap sebagai tanda-tanda penuaan. Namun, benarkah uban hanya ditemukan pada orang-orang yang memasuki usia lanjut? Ternyata tidak! Ada banyak individu umur 20-an telah mengalami ubanan. Akibatnya, perubahan warna rambut...

Dapatkan Artikel Kesehatan Terbaru di Email Anda

Dapatkan Artikel Kesehatan Terbaru di Email Anda

Kami akan kirimkan artikel kesehatan terbaru ke email Anda. Daftarkan email Anda sekarang juga

Email Anda Sudah Berhasil Didaftarkan!

WhatsApp WA Chat