5 Jenis Suplemen Untuk Tulang Agar Terhindar Dari Osteoporosis

by | Jul 1, 2021 | Artikel, Magnecal D | 0 comments

Setiap orang pasti ingin memiliki tubuh dan tulang yang sehat agar tetap bisa aktif hingga tua nanti. Fungsi tulang tidak hanya sebagai penggerak tubuh, tetapi juga berfungsi untuk pembentuk struktur tubuh, melindungi sistem saraf dan otak dari benturan maupun cedera.
Seiring bertambahnya usia, tulang akan kehilangan jaringannya yang dapat membuatnya menjadi rapuh dan keropos. Maka dari itu, untuk mendapatkan tubuh yang sehat dan tulang yang kuat, kita harus mendapatkan asupan nutrisi yang cukup setiap harinya.
Salah satu cara yang mudah agar mendapatkan nutrisi yang cukup adalah dengan menjaga pola hidup sehat dan mengonsumsi makanan yang beragam serta bergizi. Sedangkan untuk mendapatkan nutrisi tambahan, kita dapat mengonsumsi suplemen. Berikut ini merupakan jenis suplemen untuk tulang yang baik untuk menjaga kesehatan tulang:

Ragam Jenis Suplemen Untuk Tulang

1. Suplemen Kalsium
Seperti yang telah kita ketahui, kalsium merupakan senyawa utama yang diperlukan untuk pembentukan tulang. Agar terhindar dari osteoporosis, kita memerlukan suplemen kalsium untk menurunkan risiko dari penyakit tersebut.
Dosis penggunaan suplemen untuk tulang ini untuk usia 19-50 tahun adalah 2.500 mg. Sedangkan mereka yang telah berusia 51 tahun ke atas, dosis penggunaan suplemen kalsium tidak lebih dari 2.000 mg per hari.
Apabila tidak mengikuti batas dosis harian sehingga tubuh mendapatkan asupan kalsium yang berlebihan, maka dapat menyebabkan gejala konstipasi atau penyakit batu ginjal.

2. Suplemen Vitamin D
Sama seperti kalsium, vitamin D juga memiliki peran penting agar tubuh dapat menyerap kalsium ke dalam darah dan tulang lebih optimal. Oleh sebab itu, penggunaan suplemen vitamin D bersamaan dengan suplemen kalsium akan memberikan manfaat yang sangat baik bagi kesehatan tulang.
Tak hanya baik bagi kesehatan tulang, suplemen yang dijuluki “vitamin matahari” ini juga baik untuk menjaga kesehatan imun tubuh agar tidak mudah sakit. Idealnya, tubuh memerlukan 400 – 800 unit vitamin D setiap hari. Namun untuk menjaga kesehatan tulang dan untuk menurunkan risiko osteoporosis, kelompok lansia membutuhkan setidaknya 800 hingga 1.000 unit vitamin D per hari.

3. Suplemen Vitamin K
Vitamin K dikenal sebagai salah satu jenis vitamin yang baik untuk kesehatan tulang. Vitamin ini berfungsi untuk menguatkan dan meningkatkan kepadatan tulang dengan cara membantu proses pengikatan kalsium dengan tulang.
Tak hanya itu, rajin mengonsumsi suplemen vitamin K sesuai dengan dosis yang dianjurkan dapat membantu memperlambat proses pengeroposan tulang pada wanita yang telah melewati masa menopause.
Suplemen untuk tulang ini harus dikonsumsi sesuai dengan dosis yang dianjurkan, yaitu 120 mikrogram untuk pria dan 90 mikrogram untuk wanita setiap harinya. Apabila Anda sedang dalam pengobatan dan mengonsumsi obat-obatan tertentu, disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu sebelum mengonsumsi suplemen vitamin K.

4. Suplemen Magnesium
Selain vitamin, tubuh kita juga memerlukan mineral yang baik untuk kesehatan tulang seperti magnesium. Magnesium berperan penting untuk membentuk membangun sel tulang yang kuat dan sehat dengan cara memaksimalkan penyerapan kalsium ke dalam tulang.
Untuk memenuhi asupan harian, tubuh memerlukan sekitar 300 hingga 500 mg per harinya. Apabila tubuh mendapatkan asupan magnesium yang baik, maka dapat membantu mengurangi risiko tulang keropos, patah tulang, hingga osteoporosis.

5. Suplemen Vitamin B12
Vitamin B12 juga merupakan jenis suplemen untuk tulang yang dapat mencegah pengeroposan tulang, membuat tulang menjadi kuat dan sehat.
Dosis penggunaan suplemen vitamin B12 untuk orang dewasa adalah 2 sampai 4 mg per hari. Namun apabila Anda hendak mengonsumsi suplemen vitamin B12, Anda harus berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu agar dapat menentukan dosis yang tepat sesuai dengan kondisi Anda. Sebab, suplemen vitamin B12 ini berisiko memicu beberapa efek samping, alergi, memunculkan interaksi obat, hingga memperburuk kondisi pasien dengan penyakit tertentu.

Siapa Saja yang Membutuhkan Suplemen untuk Tulang?

Semua orang membutuhkan asupan nutrisi yang tepat setiap harinya untuk menjaga kesehatan tubuh kita. Akan tetapi, tak semua orang memerlukan asupan nutrisi tambahan dari suplemen untuk tulang tersebut.
Oleh karenanya, yang disarankan untuk mengonsumsi suplemen untuk tulang adalah mereka yang memiliki faktor risiko terkena osteoporosis atau pengroposan tulang. Selain itu, ada beberapa kondisi tertentu yang menyebabkan mereka memerlukan suplemen tambahan untuk tulang, yakni:
• Orang-orang dengan gaya hidup vegan
• Intoleransi laktosa
• Orang-orang yang menggunakan obat kortikosteroid dalam jangka lama
• Memiliki masalah pada pencernaan yang membuatnya kesulitan untuk mendapatkan asupan kalsium
• Orang-orang yang sedang menjalani pengobatan osteoporosis.
Itulah beberapa jenis suplemen untuk tulang yang bisa Anda pertimbangkan. Namun sangat disarankan agar Anda berkonsultasi dulu dengan dokter untuk memastikan suplemen untuk tulang apa yang tepat dengan kondisi Anda. Selain itu juga agar terindar dari risiko efek samping pada kesehatan.

Magnecal D Usana Indonesia
Sumber referensi artikel: https://www.alodokter.com/ragam-vitamin-untuk-tulang https://www.halodoc.com/artikel/kesehatan-tulang-bisa-dijaga-dengan-vitamin-ini  

Product Disclaimer:
*Pernyataan ini belum dievaluasi oleh BPOM. Produk ini tidak dimaksudkan untuk mendiagnosa, mengobati, menyembuhkan, atau mencegah penyakit apapun.

Artikel Terbaru

Promo Akhir Tahun 2021 USANA Indonesia

Promo Akhir Tahun 2021 USANA Indonesia

Kabar gembira untuk keluarga USANA Indonesia, karena ada promo produk USANA yang bisa didapat dengan harga khusus. Detail lengkap promonya dapat dibaca pada flyer berikut ini. Untuk pemesanan dan info lebih lanjut dapat menghubungi 0811389700 (WA) atau email...

Pentingnya Asam Lemak Omega 3 untuk Kesehatan Tubuh Manusia

Pentingnya Asam Lemak Omega 3 untuk Kesehatan Tubuh Manusia

Agar tubuh manusia bisa menjalankan fungsinya dengan baik, diperlukan berbagai macam senyawa pendukung termasuk omega 3. Kelompok asam lemak ini memiliki manfaat besar bagi kesehatan tubuh. Yuk simak pentingnya asam lemak omega 3 dan bagaimana cara mendapatkannya. Apa...

Mengenal Koenzim Q10 Serta Manfaatnya Bagi Kesehatan

Mengenal Koenzim Q10 Serta Manfaatnya Bagi Kesehatan

Koenzim Q10 merupakan antioksidan yang dapat ditemukan pada sel tubuh manusia, khususnya pada jantung, ginjal, dan juga pankreas. Bagi Anda yang memiliki riwayat penyakit jantung atau sedang merawat keluarga yang memiliki penyakit jantung, pasti tidak asing dengan...

Dapatkan Artikel Kesehatan Terbaru di Email Anda

Dapatkan Artikel Kesehatan Terbaru di Email Anda

Kami akan kirimkan artikel kesehatan terbaru ke email Anda. Daftarkan email Anda sekarang juga

Email Anda Sudah Berhasil Didaftarkan!

WhatsApp WA Chat