9 Akibat Kekurangan Vitamin C yang Perlu Diwaspadai

by | Jun 26, 2021 | Artikel, Proflavanol C | 0 comments

Sering gampang sakit atau tubuh lemas karena kecapekan? Mungkin saja gejala tersebut merupakan pertanda Anda sedang kekurangan vitamin C. Vitamin C ini merupakan vitamin yang cukup familier bagi banyak orang. Sumber vitamin C pun mudah dicari. Namun, masih banyak orang yang mengalami kekurangan vitamin C. Lantas, apa saja akibat kekurangan vitamin C? Simak penjelasannya.

1. Tubuh Mudah Lelah
Salah satu akibat kekurangan vitamin C pada tubuh adalah kondisi tubuh yang mudah lelah. Hal ini dikarenakan proses pengubahan lemak menjadi energi di dalam tubuh terganggu. Tubuh mengalami kesulitan dalam menyerap zat besi.
Kandungan antioksidan yang dimiliki oleh vitamin C membuat sistem imun alami dalam tubuh menjadi optimal. Sebaliknya, jika Anda mengalami kekurangan vitamin C, tubuh mudah lelah dan mood juga mudah berubah.

2. Mimisan (Epitaksis)
Salah satu efek yang diakibatkan karena kekurangan vitamin C adalah mimisan (epitaksis). Mimisan terjadi karena pembuluh kapiler di hidung lemah dan pecah. Darah keluar di salah satu atau kedua lubang hidung dengan durasi mulai dari beberapa detik hingga 20 menit.
Meskipun sekitar 90% darah yang keluar berasal dari pembuluh kapiler hidung, kondisi ini tidak berbahaya. Namun, bukan berarti diabaikan. Guna terhindar dari mimisan, pastikan asupan vitamin C dalam tubuh cukup agar terhindar dari akibat kekurangan vitamin C.

3. Sistem Kekebalan Tubuh Melemah
Sering menderita flu? Ini bisa pertanda sistem kekebalan tubuh sedang lemah. Salah satu penyebabnya adalah akibat kekurangan vitamin C. Menurut penelitian kurangnya asupan vitamin C dapat menyebabkan sistem kekebalan tubuh menjadi menurun. Tubuh mudah terkena infeksi dan penyakit.
Kemampuan melawan bakteri, virus, dan benda asing lain juga mengalami penurunan. Apabila Anda merasa sistem imun sedang lemah, konsumsi makanan dan minuman yang mengandung vitamin C. Vitamin C dipercaya dapat membantu melindungi dari penyakit dan meningkatkan daya tahan tubuh.

4. Sakit Sendi
Salah satu akibat kekurangan vitamin C adalah terjadinya rasa nyeri dan sakit pada sendi. Pada kasus tertentu pembengkakan sendi ini dapat membuat penderitanya mengalami kesulitan berjalan. Bahkan pada kasus tertentu defisiensi vitamin C dapat mengakibatkan perdarahan di dalam sendi.
Oleh karena itu, konsumsi vitamin C perlu diperhatikan. Tujuannya agar jaringan sendi dapat terpelihara kesehatannya. Apalagi di dalam persendian terdapat jaringan ikat yang kaya kolagen. Jika Anda merasakan sakit pada persendian, coba konsumsi suplemen yang mengandung vitamin C.

5. Skorbut (Scurvy)
Skorbut atau yang disebut juga scurvy merupakan kondisi di mana tubuh seseorang mengalami akibat kekurangan vitamin C yang parah. Gejala skorbut dapat diketahui dari beberapa gejala seperti nafsu makan hilang, tubuh lemas, diare, mual, dan demam. Skorbut juga bisa menyebabkan penyakit jantung, risiko kanker, gangguan mata (degenerasi makula), hingga kematian jika tidak segera diobati.

6. Luka Lambat Sembuh
Vitamin C tidak dapat diproduksi oleh tubuh. Jadi, mengkonsumsi makanan dan minuman disertai dengan suplemen yang mengandung vitamin C sangat penting untuk menjaga kesehatan.

Salah satu manfaat vitamin C adalah membuat luka lebih cepat pulih. Sebaliknya, jika tubuh Anda mengalami defisiensi vitamin C, luka menjadi lambat sembuh. Selain itu, luka yang ada pada tubuh rentan terkena infeksi. Hal ini dikarenakan formasi kolagen pada jaringan kulit tidak bekerja secara efektif.

7. Masalah Kulit
Kulit sering sensitif atau bermasalah merupakan salah satu akibat kekurangan vitamin C. Dalam kulit terdapat kolagen, protein berserat yang membentuk jaringan ikat tubuh dan lapisan kulit.
Kadar kolagen yang menurun dalam tubuh dapat membuat kulit menjadi kering dan kasar. Sebaliknya, jika ingin memiliki kulit yang sehat, lentur, dan kencang, pastikan asupan vitamin C ke tubuh cukup sesuai dengan yang dianjurkan oleh dokter.

8. Mudah Memar
Pernahkah badan Anda memar, tetapi tidak tahu sebabnya? Memar terjadi karena pecahnya pembuluh darah kecil di bagian bawah permukaan kulit. Sel-sel darah di dalam pembuluh darah menyusup keluar dan mengendap di bagian bawah kulit.
Hal ini bisa terjadi ketika tubuh mengalami akibat kekurangan vitamin C. Memar akibat vitamin C biasanya timbul berupa titik-titik kecil berwarna merah keunguan di bawah kulit yang menutupi area tubuh tertentu.

9. Gusi Berdarah dan Gigi Mudah Tanggal
Jika Anda sering sariawan dan gusi berdarah, ini bisa pertanda akibat kekurangan vitamin C. Jaringan kolagen yang berfungsi untuk mendukung gusi dipastikan dalam keadaan tidak baik dan mengalami peradangan.
Akibatnya gigi rentan patah dan gusi mudah berdarah. Bahkan di beberapa kasus, kekurangan vitamin C dapat menyebabkan gusi menjadi ungu gelap dan tidak dalam kondisi sehat. Seiring dengan waktu, gigi pun berisiko mudah tanggal.
Inilah 9 akibat defisiensi vitamin C yang dapat menyebabkan kesehatan terganggu. Sebelum penyakit-penyakit akibat kurangnya vitamin C menggerogoti tubuh, perbaiki pola makan.

Hindari akibat kekurangan vitamin C dengan cara mengonsumsi makanan bernutrisi, minuman, dan suplemen yang mengandung vitamin C. Agar jenis makanan dan suplemen yang dikonsumsi sesuai takaran, ada baiknya Anda konsultasikan lebih lanjut ke dokter.

proflavanol C usana indonesia
Sumber referensi artikel: Adrian, Kevin. 2019. “Hati-hati, Kekurangan Vitamin C Bisa Mengganggu Kesehatan”, Mei 21, 2019. https://www.alodokter.com/hati-hati-kekurangan-vitamin-c-dapat-memicu-stroke-dan-scurvy Prasetya, Fauzan Budi. 2021. “Kekurangan Vitamin C”, Mei 04, 2021. https://hellosehat.com/nutrisi/fakta-gizi/kekurangan-vitamin-c/ Putra, Arif. 2019. “Ragam Gejala Kekurangan Vitamin C, Picu Gangguan pada Kulit Hingga Gusi”, November 08, 2019. https://www.sehatq.com/artikel/tanda-dan-gejala-kekurangan-vitamin-c  

Product Disclaimer:
*Pernyataan ini belum dievaluasi oleh BPOM. Produk ini tidak dimaksudkan untuk mendiagnosa, mengobati, menyembuhkan, atau mencegah penyakit apapun.

Artikel Terbaru

8 Cara Alami Mengusir Lalat

8 Cara Alami Mengusir Lalat

Melihat lalat beterbangan di area rumah tentu sangat mengganggu. Pasalnya, selain membuat hunian terkesan kumuh, lalat yang berkeliaran juga bisa jadi sumber penyakit (mulai dari tifus hingga disentri) bagi penghuni rumah saat hinggap di makanan, minuman, atau...

Apakah Perlu Sarapan sebelum Olahraga Pagi?

Apakah Perlu Sarapan sebelum Olahraga Pagi?

Sarapan dan olahraga adalah dua hal baik yang seharusnya dijadikan aktivitas rutin saat pagi hari. Namun, keduanya terkadang membuat banyak orang bingung, mana yang harus dilakukan terlebih dahulu. Sarapan atau olahraga? Sebenarnya, pilihan jawaban perlukah sarapan...

penyebab uban tumbuh di usia muda

Mengapa Uban bisa Tumbuh di Usia Muda?

Selain kerutan kulit wajah, uban juga selalu dianggap sebagai tanda-tanda penuaan. Namun, benarkah uban hanya ditemukan pada orang-orang yang memasuki usia lanjut? Ternyata tidak! Ada banyak individu umur 20-an telah mengalami ubanan. Akibatnya, perubahan warna rambut...

Dapatkan Artikel Kesehatan Terbaru di Email Anda

Dapatkan Artikel Kesehatan Terbaru di Email Anda

Kami akan kirimkan artikel kesehatan terbaru ke email Anda. Daftarkan email Anda sekarang juga

Email Anda Sudah Berhasil Didaftarkan!

WhatsApp WA Chat