Apa yang Dimaksud dengan Gluten Free? Ini penjelasannya

by | Jun 23, 2021 | Artikel, Fibergy | 0 comments

Gluten merupakan protein yang terdapat dalam biji-bijian seperti beras, jagung, atau barley. Makanan gluten free adalah makanan yang tidak mengandung gluten yang dapat menurunkan berat badan, menyehatkan, serta menambah energi. Perlu diketahui meski dapat membahayakan kesehatan, gluten aman untuk dikonsumsi asal tidak berlebihan.
Namun, gluten tidak bisa dikonsumsi oleh orang dalam kondisi medis tertentu. Oleh karena kondisinya tersebut, mereka harus mengonsumsi produk makanan berlabel gluten free. Nah, untuk lebih jelasnya apa dan bagaimana diet gluten free ini, simak penjelasan berikut ini.

Sekilas tentang Gluten Free

Banyak orang mengira gluten adalah senyawa tambahan yang diberikan pada makanan. Padahal sebenarnya gluten merupakan komponen alami yang terdapat dalam makanan tertentu. Gluten dianggap membahayakan kesehatan sehingga cukup banyak orang mulai tertarik melakukan diet bebas gluten.
Jika Anda ingin menerapkan diet gluten free, sebaiknya mengetahui dengan baik tentang apa itu gluten free dan pengaruhnya terhadap tubuh. Dengan demikian, Anda bisa memahami apakah diet gluten free adalah hal yang cocok bagi Anda.
● Gluten merupakan jenis protein prolamin yang terdapat dalam biji-bijian (gandum, gandum hitam, dan barley) serta terdapat juga dalam produk olahan seperti roti, sereal, dan pasta. Protein utama yang terkandung dalam gluten yaitu gliadin dan glutenin.
● Gluten terkadang ditambahkan saat proses pengolahan makanan seperti roti dan kue untuk membuat tekstur yang bersifat elastis, kenyal, dan mengembang. Hal ini disebabkan protein yang terdapat dalam gluten membentuk jaringan lengket seperti lem.
● Makanan berlabel gluten free adalah cocok bagi pasien intoleransi gluten dan penyakit celiac.
● Jika Anda bukan pasien kedua penyakit tersebut, Anda pun bisa mengonsumsi makanan berlabel gluten free. Namun, jangan lupa perhatikan nutrisi yang terkandung dalam produk berlabel gluten free ini. Pasalnya, produk makanan gluten free biasanya mengandung sedikit asam folat, protein, dan vitamin B3 yang bermanfaat bagi tubuh.
● Dalam makanan yang bebas gluten tidak terdapat nutrisi lain seperti serat, zat besi, kalsium, dan magnesium. Oleh karenanya,makanan berlabel gluten free kurang baik untuk dikonsumsi bagi orang sehat.

Manfaat Melakukan Diet Gluten Free

Selama ini telah terjadi polemik tentang manfaat kesehatan serta risiko melakukan diet gluten free. Padahal gluten banyak terdapat dalam hampir semua makanan olahan seperti sereal dan roti serta beragam camilan, minuman, dan saus. Diet gluten free adalah diet yang cocok dan bermanfaat bagi orang yang mengalami intoleransi gluten.
Nah, berikut ini manfaat diet gluten free bagi kesehatan.

1. Berat badan bisa terkontrol

Biasanya yang melakukan diet adalah penderita penyakit celiac dan intoleransi gluten yang mengalami kembung, gas, diare, serta kelelahan. Kondisi ini mengakibatkan kurangnya nutrisi dan menurunnya berat badan secara ekstrem. Diet gluten free akan mengembalikan berat badan serta menambah nutrisi.

2. Menambah energi

Jika Anda termasuk golongan orang yang sensitif terhadap gluten akan sering mengalami kelelahan yang kronis. Pasalnya, gluten dapat merusak kondisi usus sehingga sulit menyerap nutrisi seperti zat besi. Kekurangan zat besi ini akan mengakibatkan anemia yang dapat membuat tubuh merasa lelah. Dengan diet gluten free usus bisa pulih kembali sehingga energi pun meningkat.

3. Menyembuhkan kembung

Penderita penyakit celiac atau intoleransi gluten, jika mengonsumsi makanan yang mengandung gluten, biasanya akan mengalami kelebihan gas. Kondisi inilah yang menyebabkan perut menjadi kembung. Dengan melakukan diet gluten free masalah pencernaan seperti perut kembung ini pun dapat disembuhkan.

4. Meringankan frekuensi mengalami sakit kepala

Biasanya penderita intoleransi gluten dan penyakit celiac akan mengalami migrain. Jika melakukan diet gluten free, sakit migrain pun jarang kambuh.

5. Menyehatkan tulang

Akibat kesulitan mengabsorbsi nutrisi, pasien yang belum terdiagnosa menderita penyakit celiac akan mengalami kekurangan kalsium. Kondisi ini bisa menyebabkan sakit tulang yaitu osteoporosis dan osteopenia. Jika melakukan diet gluten free kalsium akan bertambah sehingga tulang menjadi lebih sehat.

6. Mengurangi nyeri sendi

Efek penyakit celiac yaitu penderita akan mengalami reaksi kekebalan yang abnormal. Kekebalan abnormal akan berisiko mengalami masalah peradangan. Dengan diet gluten free, risiko nyeri sendi pun dapat dicegah.

7. Mengurangi depresi

Penderita penyakit celiac kemungkinan besar akan mengalami depresi. Dengan melakukan diet gluten free, gejala depresi bisa berangsur menghilang.

8. Mengurangi intoleransi laktosa

Penderita intoleransi gluten biasanya akan mengalami masalah pada usus sehingga mengakibatkan produksi laktase terganggu. Dengan diet gluten free usus dapat sehat kembali bahkan gelaja intoleransi lakstosa dapat berkurang.

Efek Samping Mengonsumsi Gluten

Saat mengonsumsi gluten, penderita intoleransi gluten dan penyakit celiac akan mengalami efek samping. Efek samping utama yaitu setelah mengonsumsi gluten, kekebalan tubuh penderita menyebabkan reaksi yang berlebihan. Lapisan usus halus akan terganggu sehingga absorbsi nutrisi pun terhambat.
Beberapa efek samping lain yang akan dialami yaitu:
● Diare.
● Anemia.
● Perut kembung.
● Sakit perut
● Berat badan turun.
● Tubuh lemas.
● Osteoporosis

Fibergy dari USANA adalah suplemen yang mengandung 11 gram serat pangan dari sumber psylium, sugarcane fiber, agave inulin, gum arabic, citrus pectin dan flaxseed yang memberikan beberapa sumber dietary. Fibergy tidak memiliki bahan-bahan yang mengandung susu, kedelai atau unsur gluten yang digunakan dalam produk ini.*
Mengkonsumsi Fibergy setiap hari dapat membantu menjaga kesehatan pencernaan kita. Untuk pemesanan dapat melalui email [email protected]

Nah, itulah penjelasan tentang diet gluten free. Bisa disimpulkan jika Gluten free adalah makanan bebas gluten yang khusus dikonsumsi untuk penderita penyakit celiac dan intoleransi gluten. Jika Anda bukan termasuk penderita kedua penyakit tersebut, Anda pun masih dapat mengonsumsi makanan gluten free.
Namun, pastikan kebutuhan nutrisi harian tubuh Anda masih terpenuhi melalui makanan sehat seperti sayur, buah, daging rendah lemak, serta biji-bijian. Sebaliknya jika Anda mengalami gejala setelah mengonsumsi makanan yang mengandung gluten, untuk mengatasinya, dapat mengonsumsi nasi merah ataupun gandum utuh. Semoga bermanfaat.

Fibergy USANA Indonesia
Sumber referensi artikel: https://www.sehatq.com/artikel/berkenalan-dengan-gluten-apa-itu-gluten https://www.halodoc.com/artikel/diet-gluten-free-apa-manfaatnya-untuk-kesehatan https://www.alodokter.com/menelusuri-makna-gluten-free  

Product Disclaimer:
*Pernyataan ini belum dievaluasi oleh BPOM. Produk ini tidak dimaksudkan untuk mendiagnosa, mengobati, menyembuhkan, atau mencegah penyakit apapun.

Artikel Terbaru

8 Cara Alami Mengusir Lalat

8 Cara Alami Mengusir Lalat

Melihat lalat beterbangan di area rumah tentu sangat mengganggu. Pasalnya, selain membuat hunian terkesan kumuh, lalat yang berkeliaran juga bisa jadi sumber penyakit (mulai dari tifus hingga disentri) bagi penghuni rumah saat hinggap di makanan, minuman, atau...

Apakah Perlu Sarapan sebelum Olahraga Pagi?

Apakah Perlu Sarapan sebelum Olahraga Pagi?

Sarapan dan olahraga adalah dua hal baik yang seharusnya dijadikan aktivitas rutin saat pagi hari. Namun, keduanya terkadang membuat banyak orang bingung, mana yang harus dilakukan terlebih dahulu. Sarapan atau olahraga? Sebenarnya, pilihan jawaban perlukah sarapan...

penyebab uban tumbuh di usia muda

Mengapa Uban bisa Tumbuh di Usia Muda?

Selain kerutan kulit wajah, uban juga selalu dianggap sebagai tanda-tanda penuaan. Namun, benarkah uban hanya ditemukan pada orang-orang yang memasuki usia lanjut? Ternyata tidak! Ada banyak individu umur 20-an telah mengalami ubanan. Akibatnya, perubahan warna rambut...

Dapatkan Artikel Kesehatan Terbaru di Email Anda

Dapatkan Artikel Kesehatan Terbaru di Email Anda

Kami akan kirimkan artikel kesehatan terbaru ke email Anda. Daftarkan email Anda sekarang juga

Email Anda Sudah Berhasil Didaftarkan!

WhatsApp WA Chat