Ini 7 Sumber Kalsium Penting untuk Ibu Hamil

by | Jun 18, 2021 | Artikel, Magnecal D | 0 comments

Ibu hamil membutuhkan asupan nutrisi berbagai mineral penting termasuk kalsium. Kalsium memegang peranan sangat penting dalam kehamilan untuk pertumbuhan tulang dan gigi, serta jantung dan otot janin dalam kandungan. Selain itu, kalsium dibutuhkan ibu hamil untuk mengurangi risiko mengalami hipertensi, membantu menjaga kerangka tubuh ibu selama masa kehamilan, memperbaiki kontraksi otot serta tekanan darah ibu hamil.
Kebutuhan kalsium ini bisa diperoleh melalui asupan makanan serta suplemen. Ada beberapa makanan dan minuman yang mengandung kalsium lebih tinggi jika dibandingkan makanan lainnya. Oleh karenanya, ibu hamil harus mengatur pola makanan agar kebutuhan kalsium untuk ibu hamil ini dapat terpenuhi dengan baik selama masa kehamilan.

5 Sumber Kalsium Penting bagi Ibu Hamil

Tubuh tidak dapat menghasilkan kalsium sendiri sehingga membutuhkan asupan dari makanan dan suplemen. Khusus untuk ibu hamil sebaiknya mendapatkan asupan minimal 1000 mg kalsium per hari.
Berikut ini adalah 5 sumber kalsium yang dapat memenuhi kebutuhan kalsium untuk ibu hamil.

1. Sayuran Hijau

Sayuran hijau mengandung lebih banyak kalsium jika dibandingkan jenis makanan lain seperti pakcoy, brokoli, dan bayam. Bayam sendiri merupakan sayuran yang mudah didapat dan dianggap sangat sehat sehingga bermanfaat bila dikonsumsi oleh ibu hamil.
Bayam akan memberikan nutrisi yang dibutuhkan ibu hamil agar janin dapat tumbuh dan berkembang dengan sehat. Konsumsi bayam juga akan dapat menurunkan tekanan darah ibu hamil, menjaga kesehatan mata, dan mencegah kanker. Dalam 100 gram bayam terkandung 99 mg kalsium.

2. Susu dan Produk Olahannya

Susu merupakan minuman berkalsium tinggi yang paling populer selain yogurt dan keju. Ibu hamil yang tidak alergi terhadap produk susu sebaiknya mengonsumsi susu seperti susu almond atau susu kedelai. Dengan demikian, kesehatan tulang dan gigi, jantung, fungsi otot, dan saraf ibu hamil dapat terjaga. Segelas susu mengandung sekitar 300 mg kalsium dan secangkir yogurt mengandung sekitar 450 mg kalsium. Sedangkan secangkir keju cottage mengandung 138 mg kalsium.

3. Kacang-kacangan

Tidak hanya mengandung banyak protein, mikronutrien, dan kaya serat, kacang-kacangan juga mengandung kalsium tinggi. Ibu hamil bisa mengonsumsi banyak kacang-kacangan. Jenis kacang dengan kalsium tertinggi yaitu kacang kecipir mencapai 244 mg. Selain kecipir, kacang putih dan buncis pun bisa dikonsumsi untuk menurunkan kadar kolesterol.

4.Sarden dan Salmon

Sarden dan salmon sangat baik dikonsumsi oleh ibu hamil karena mengandung kalsium tinggi. Selain kalsium, kedua ikan ini juga mengandung protein tinggi serta omega 3 yang bermanfaat bagi kesehatan otak, jantung, dan kulit.

5.Buah-buahan

Jika masa kehamilan mulai menginjak trimester ketiga, ibu hamil biasanya mulai berkurang nafsu makannya. Jika demikian, pertimbangkan untuk mengonsumsi buah-buahan seperti pepaya, kiwi, jeruk, stroberi, aprikot, nanas, atau kelengkeng yang memiliki kandungan kalsium tinggi.

6. Kurma

Kurma mengandung beragam nutrisi tinggi salah satunya adalah kalsium. Dalam seporsi kurma mengandung kalsium sebesar 38 mg. Tidak hanya itu, kurma juga mengandung karbohidrat, magnesium, kalium, dan zat besi yang sangat menunjang kesehatan ibu hamil.

7. Tahu

Tahu menjadi pilihan makanan yang tepat bagi ibu hamil karena mengandung kalsium tinggi. Selain itu, tahu juga mengandung antioksidan tinggi dan rendah kalori. Dengan mengonsumsi tahu, dapat menurunkan risiko ibu hamil terhadap kanker payudara.

Dampak Kekurangan dan kelebihan kalsium bagi ibu hamil

Kebutuhan kalsium untuk ibu hamil harus tetap terjaga sehingga ibu hamil tidak kekurangan ataupun kelebihan kalsium yang akan berpengaruh terhadap kondisi kehamilan.
Apa akibatnya jika ibu hamil mengalami kekurangan kalsium? Ibu hamil akan mengalami beberapa kondisi berikut ini:
● Kesemutan pada jari dan mati rasa.
● Tekanan darah tinggi.
● Mengalami kejang, kram kaki dan nyeri otot.
● Berkurang nafsu makannya.
● Risiko patah tulang semakin tinggi.
● Mudah lupa, mudah lelah, dan depresi.
● Janin mengalami pertumbuhan yang lambat.

● Bayi akan lahir secara prematur.
● Berat badan bayi saat lahir rendah.
● Bayi kekurangan kalsium.
● Bayi akan mengalami masalah jantung.
Kondisi kekurangan kalsium pada ibu hamil ini bila dibiarkan dapat menyebabkan preeklamsia. Ini merupakan kondisi tekanan darah yang mengalami peningkatan disertai protein di dalam urin. Preeklamsia ini bisa terjadi saat usia kehamilan mencapai 20 minggu. Kondisi preeklamsia harus segera ditangani agar tidak terjadi komplikasi dan berubah menjadi eklamsia yang tentunya akan membahayakan jiwa ibu dan janinnya.
Meskipun kebutuhan kalsium untuk ibu hamil harus tetap terpenuhi, perhatikan juga bahwa jumlah kalsium tidak boleh melebihi kebutuhan tubuh ibu hamil. Pasalnya, jika terlalu banyak mengonsumsi kalsium bisa menimbulkan penyakit lain antara lain:
● Batu ginjal.
Sembelit.
● Kesulitan dalam menyerap berbagai mineral seperti besi dan seng.
● Detak jantung tidak teratur.
● Bayi memiliki kadar kalsium yang rendah.
Nah, itulah penjelasan tentang kebutuhan kalsium untuk ibu hamil yang penting diketahui agar ibu hamil dan janin dalam kondisi sehat. Semoga bermanfaat.

Suplemen yang bagus untuk membantu kebutuhan kalsium adalah Magnecal D dari USANA. Magnecal D sudah dijual di Indonesia. Mengandung magnesium, kalsium, Vitamin D3 dan Vitamin K. Kelebihan Magnecal D adalah dengan kombinasi kalsium dan bahan-bahan lainnya menjadikannya lebih mudah diserap oleh tubuh. Untuk pemesanan dapat menghubungi kami via email [email protected].

Sumber referensi artikel: https://www.orami.co.id/magazine/makanan-yang-mengandung-kalsium-untuk-ibu-hamil/ https://www.alodokter.com/beragam-manfaat-dan-cara-memenuhi-kebutuhan-kalsium-untuk-ibu-hamil https://www.halodoc.com/artikel/4-makanan-kaya-kalsium-yang-baik-untuk-ibu-hamil  

Product Disclaimer:
*Pernyataan ini belum dievaluasi oleh BPOM. Produk ini tidak dimaksudkan untuk mendiagnosa, mengobati, menyembuhkan, atau mencegah penyakit apapun.

Artikel Terbaru

Apakah Perlu Sarapan sebelum Olahraga Pagi?

Apakah Perlu Sarapan sebelum Olahraga Pagi?

Sarapan dan olahraga adalah dua hal baik yang seharusnya dijadikan aktivitas rutin saat pagi hari. Namun, keduanya terkadang membuat banyak orang bingung, mana yang harus dilakukan terlebih dahulu. Sarapan atau olahraga? Sebenarnya, pilihan jawaban perlukah sarapan...

penyebab uban tumbuh di usia muda

Mengapa Uban bisa Tumbuh di Usia Muda?

Selain kerutan kulit wajah, uban juga selalu dianggap sebagai tanda-tanda penuaan. Namun, benarkah uban hanya ditemukan pada orang-orang yang memasuki usia lanjut? Ternyata tidak! Ada banyak individu umur 20-an telah mengalami ubanan. Akibatnya, perubahan warna rambut...

mengenal gejala darah tinggi pada ibu hamil

Mengenal Gejala Darah Tinggi pada Ibu Hamil

Tekanan darah tinggi atau hipertensi merupakan kondisi ketika tekanan darah lebih besar dari atau sama dengan 130/80 mm Hg. Kondisi ini menjadi perhatian serius bagi sebagian besar ibu hamil. Pasalnya, ibu hamil memang rentan mengalami penyakit darah tinggi. Jika...

Dapatkan Artikel Kesehatan Terbaru di Email Anda

Dapatkan Artikel Kesehatan Terbaru di Email Anda

Kami akan kirimkan artikel kesehatan terbaru ke email Anda. Daftarkan email Anda sekarang juga

Email Anda Sudah Berhasil Didaftarkan!

WhatsApp WA Chat