Ketahui 7 Manfaat dan Fungsi Biotin Untuk Kesehatan dan Kecantikan

by | Jul 2, 2021 | Artikel, Hepasil DTX | 0 comments

Mungkin Anda belum familiar dengan istilah biotin. Vitamin yang termasuk salah satu jenis vitamin B kompleks ini, memang tidak sepopuler vitamin A, C, maupun D. Vitamin ini disebut juga vitamin B7 atau vitamin H dan memiliki beragam manfaat untuk tubuh.
Nama biotin itu sendiri berasal dari bahasa Yunani Kuno “Biotos” yang memiliki arti “kehidupan” atau “nutrisi”. Sehingga dapat disimpulkan bahwa biotin merupakan nutrisi yang memiliki banyak manfaat untuk tubuh manusia. Tak heran, salah satu fungsi biotin adalah membantu tubuh untuk memetabolisme lemak, karbohidrat dan protein, kemudian mengubah makanan menjadi energi.
Salah satu manfaat dari biotin yang terkenal lainnya ialah dapat mengatasi rambut rontok. Padahal banyak sekali manfaat dan fungsi dari biotin itu sendiri yang sangat baik untuk kesehatan dan juga kecantikan. Untuk mengetahui lebih jauh mengenai manfaat dan fungsi biotin, simak penjelasannya berikut ini:

Fungsi Biotin Bagi Tubuh
Biotin merupakan salah satu jenis vitamin yang larut dalam air dan tidak bisa disimpan dalam waktu lama oleh tubuh. Enzim yang mengandung biotin memiliki peran penting untuk mencerna dan memecah zat gizi makro serta sebagai jalur metabolisme tubuh untuk memproduksi glukosa dan asam lemak.
Selain itu, biotin juga diperlukan untuk membantu perkembangan sel darah putih yang berperan untuk menjaga kekebalan daya tahan tubuh agar terhindar dari risiko infeksi bakteri maupun virus. Fungsi biotin lainnya dalam tubuh yaitu:
• Memproduksi asam lemak sebagai energi untuk jantung, otot, maupun organ tubuh lainnya.
• Membantu untuk pemecahan asam amino, enzim yang mengandung biotin akan memetabolisme asam amino, termasuk juga isoleusin dan valin, di dalam tubuh.
• Glukoneogenesis, yaitu enzim yang mengandung biotin akan memproduksi glukosa dari sumber selain karbohidrat apabila cadangan gula di dalam tubuh telah habis.
Selain fungsi biotin bagi tubuh seperti yang telah dipaparkan di atas, biotin juga memiliki manfaat lainnya untuk menjaga kesehatan tubuh. Simak beberapa manfaat biotin berikut ini.

Manfaat dan Fungsi Biotin Bagi Kesehatan dan Kecantikan

1. Untuk menjaga dan mengontrol gula darah

Biotin merupakan salah satu jenis vitamin yang mendukung peran hormon insulin yang mengatur kadar gula darah. Beberapa penelitian menyatakan bahwa orang yang memenuhi asupan biotin hariannya dapat terhindar dari risiko penyakit diabetes type 2 pada orang yang kelebihan berat badan atau obesitas.
Cara kerja biotin dalam tubuh adalah dengan mengoptimalkan pencernaan asam lemak sebagai tempat cadangan glukosa. Maka dari itu vitamin ini dapat mengendalikan kadar gula darah bagi pasien diabetes.

2. Menurunkan kolestrol
Selain baik untuk mengontrol gula darah dan mencegah risiko diabetes, asupan biotin yang tepat dan disertai dengan gaya hidup sehat juga dapat meningkatkan kadar kolesterol baik dan menurunkan kadar LDL atau kolesterol jahat yang dapat menyebabkan penyakit jantung maupun stroke.

3. Melindungi fungsi otak
Salah satu manfaat biotin bagi kesehatan adalah dapat menjaga agar sistem saraf Anda bekerja dengan optimal dan membantu aktivitas neutrotransmitter dan sinyal saraf. Bersama dengan manfaat vitamin B kompleks lainnya, biotin juga dapat mengoptimalkan kinerja otak Anda, yakni dapat membantu meningkatkan daya ingat, mengurangi risiko terhadap gangguan kognitif dan neurodegeneratif.

4. Untuk menjaga kesehatan ibu hamil

Manfaat lainnya dari biotin yaitu untuk menjaga kesehatan ibu hamil, sebab kandungan vitamin yang ada pada biotin ini mampu mengurangi risiko bayi lahir cacat. Sehingga ibu hamil dan menyusui sangat dianjurkan untuk mengonsumsi makanan ataupun suplemen yang mengandung biotin untuk pertumbuhan janin dan bayi yang sehat.

5. Menjaga kesehatan dan kekuatan kuku
Apabila Anda mamiliki kuku yang rapuh dan mudah patah, ada baiknya untuk mengonsumsi suplemen biotin sesuai dengan dosis yang dianjurkan. Menurut hasil penelitian yang dilakukan pada 8 orang yang memiliki kuku rapuh dan diberkan asupan biotin selama 6 sampai 15 bulan, menunjukkan bahwa kuku mereka menjadi kuat dan tidak mudah patah. Hal ini diketahui bahwa biotin juga mampu membantu pertumbuhan jaringan kuku agar menjaganya agar tidak mudah patah.

6. Menyehatkan rambut
Tak hanya wanita, namun pria pun juga bisa memiliki rambut yang sehat. Maka dari itu, dengan mendapatkan asupan biotin yang cukup dapat membuat rambut Anda sehat berkilau dan menyuburkan rambut. Maka dari itu biotin sering dijadikan suplemen untuk rambut rontok.

7. Menyehatkan kulit
Beberapa penelitian menunjukkan bahwa orang yang kekurangan asupan biotin dapat terkena permasalahan kulit. Hal ini disebabkan karena kekurangan biotin memiliki pengaruh pada proses pemecahan lemak yang pentng untuk kesehatan kulit.
Setelah mengetahui fungsi biotin di atas, ada baiknya apabila didampingi juga dengan pola hidup sehat dan makanan yang bergizi seimbang. Meski terdengar aman, namun ada baiknya untuk berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk menggunakan suplemen biotin ini.

Sumber referensi artikel: https://www.alodokter.com/5-manfaat-biotin-untuk-kesehatan-dan-kecantikan https://www.alodokter.com/biotin https://www.halodoc.com/artikel/kekurangan-biotin-sebabkan-ensefalopati  

Product Disclaimer:
*Pernyataan ini belum dievaluasi oleh BPOM. Produk ini tidak dimaksudkan untuk mendiagnosa, mengobati, menyembuhkan, atau mencegah penyakit apapun.

Artikel Terbaru

Pentingnya Asam Lemak Omega 3 untuk Kesehatan Tubuh Manusia

Pentingnya Asam Lemak Omega 3 untuk Kesehatan Tubuh Manusia

Agar tubuh manusia bisa menjalankan fungsinya dengan baik, diperlukan berbagai macam senyawa pendukung termasuk omega 3. Kelompok asam lemak ini memiliki manfaat besar bagi kesehatan tubuh. Yuk simak pentingnya asam lemak omega 3 dan bagaimana cara mendapatkannya. Apa...

Mengenal Koenzim Q10 Serta Manfaatnya Bagi Kesehatan

Mengenal Koenzim Q10 Serta Manfaatnya Bagi Kesehatan

Koenzim Q10 merupakan antioksidan yang dapat ditemukan pada sel tubuh manusia, khususnya pada jantung, ginjal, dan juga pankreas. Bagi Anda yang memiliki riwayat penyakit jantung atau sedang merawat keluarga yang memiliki penyakit jantung, pasti tidak asing dengan...

Ketahui Penyebab Persedian Sakit dan Cara Mengatasinya

Ketahui Penyebab Persedian Sakit dan Cara Mengatasinya

Mungkin Anda pernah merasakan persendian sakit dan nyeri, mungkin itu pertanda dari penyakit nyeri sendi. Sendi merupakan suatu jaringan yang menyambungkan antara dua tulang, berfungsi untuk membantu pergerakan tulang tersebut agar dapat bergerak dengan...

Dapatkan Artikel Kesehatan Terbaru di Email Anda

Dapatkan Artikel Kesehatan Terbaru di Email Anda

Kami akan kirimkan artikel kesehatan terbaru ke email Anda. Daftarkan email Anda sekarang juga

Email Anda Sudah Berhasil Didaftarkan!

WhatsApp WA Chat