Glukosamin Obat Apa dan Apa Saja Manfaatnya

glukosamin obat apa

Glukosamin Obat Apa dan Apa Saja Manfaatnya

by | Jun 30, 2021 | Artikel, Procosa | 1 comment

Glukosamin atau glucosamine merupakan zat alami yang diproduksi secara alami di dalam tubuh dan dapat ditemukan di tulang rawan. Glukosamin yang ada dalam tubuh berguna untuk menjaga kesehatan tulang dan juga persendian. Namun produksi glukosamin pada tubuh dapat berkurang seiring dengan bertambahnya usia.
Sedangkan di sisi lain, glukosamin juga tersedia dalam bentuk suplemen yang terbuat dari cangkang kerang, tulang hewan, maupun jamur. Suplemen ini digunakan untuk memenuhi asupan nutrisi persendian, sebagai pelumas sendi agar dapat meminimalisir rasa sakit dan kaku saat menggerakkan persendian.
Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai glukosamin obat apa dan manfaatnya untuk tubuh, simak pada penjelasan berikut ini.

Glukosamin Obat Apa?
Glukosamin merupakan obat yang umumnya digunakan ketika tubuh mengalami permasalahan pada persendian maupun tulang rawan, yang disebabkan oleh peradangan atau inflamasi. Tak hanya itu, glukosamin juga dapat digunakan untuk menjaga kesehatan persendian dan tulang rawan.
Biasanya Glukosamin dapat ditemukan dalam bentuk suplemen herbal berbentuk obat minum, namun Anda juga bisa menemukannya dalam bentuk lain seperti obat salep yang dioleskan langsung pada bagian yang sakit dan juga dalam bentuk obat injeksi. Cara kerjanya yaitu memperlambat kerusakan serta memperkuat tulang rawan.
Glukosamin merupakan suplemen herbal, sehingga Anda bisa membelinya di apotek tanpa menggunakan resep dokter.

Manfaat Glukosamin
1. Dapat membantu mengatasi osteoarthritis
Osteoarthritis merupakan kondisi ketika tulang rawan yang menjadi bantalan sendi terkikis atau mengalami kerusakan seiring bertambahnya usia. Umumnya, kondisi ini terjadi pada lansia dengan usia di atas 65 tahun.
Hal ini dapat menyebabkan rasa sakit dan kaku pada bagian-bagian persendian seperti pada lutut, tulang belakang, dan pinggul. Dengan mengonsumsi suplemen glukosamin secara rutin dapat membantu mengatasi kondisi ini. Sebab glukosamin berperan untuk memperlambat kerusakan tersebut.

2. Membantu mengatasi rheumatoid arthritis
Rheumatoid arthritis merupakan penyakit autoimun yang menyerang bagian persendian dan membuatnya menjadi terasa sakit, bengkak, kaku, hingga kehilangan fungsi kerjanya. Namun yang perlu diperhatikan juga bahwa penyakit ini juga bisa menyerang organ lain seperti paru-paru, hati, hingga mata.

3. Membantu mengatasi sakit lutut
Seperti yang telah diuraikan di atas bahwa glukosamin dapat mengatasi nyeri di bagian persendian, tak terkecuali dengan sakit di lutut.
Untuk mereka yang sudah lanjut usia, kelebihan berat badan, maupun atlet yang mengalami cedera lutut dapat mengatasi rasa sakitnya dengan mengonsumsi suplemen glukosamin secara rutin.

4. Membantu mengobati peradangan saluran kemih
Salah satu manfaat dari glukosamin selain untuk membantu mengatasi masalah persendian juga dapat mengatasi peradangan seperti peradangan saluran kemih (interstitial cystitis) yang disebabkan karena kekurangan glikosaminglikan.

5. Membantu mengatasi radang usus
Selain peradangan saluran kemih, glukosamin juga merupakan obat yang dapat mengatasi radang usus yang disebabkan karena tubuh kekurangan asupan glikosaminoglikan yang merupakan bagian dari senyawa glukosamin.

6. Membantu mengatasi Kashin-beck disease
Penyakit ini mungkin terdengar asing di telinga kita. Penyakit ini termasuk jenis gangguan muscoskeletal atau gangguan yang berkaitan dengan jaringan otot, sistem syaraf, struktur tulang, serta pembuluh darah.
Kashin-beck disease dapat menyerang persendian dan tulang, sering menyerang anak-anak dan juga remaja. Penyakit ini diawali dengan rasa kaku pada bagian persendian dan tulang kaki yang memendek karena berhentinya pertumbuhan tulang pada tubuhnya.
Salah satu manfaat lainnya dari glukosamin yakni dapat membantu meredakan rasa sakit yang disebabkan oleh penyakit ini dan juga dapat meningkatkan fungsi fisik mereka yang mengalami kondisi penyakit ini.

7. Dapat membantu mengatasi masalah kesehatan lainnya
Dilansir dari berbagai sumber, suplemen glukosamin ternyata juga memiliki manfaat untuk mengatasi berbagai masalah Kesehatan lainnya. Mulai dari depresi, penyakit jantung, stroke, diabetes, membantu menurunkan kolesterol, dan permasalahan kulit. Namun masih diperlukan riset yang lebih lanjut mengenai manfaat suplemen glukosamin untuk mengatasi penyakit tersebut.

Apa Efek Samping Obat Glukosamin
Penggunaan obat atau suplemen glukosamin dapat menyebabkan efek samping ringan untuk beberapa orang. Meski tidak semua orang mengalami efek samping tersebut, namun Anda sebaiknya mengetahui risiko yang tmbul setelah mengonsumsi suplemen ini.
Bila Anda merasakan efek samping seperti yang diuraikan di bawah ini, Anda dianjurkan untuk segera memeriksakan diri ke dokter ketika dirasakan tak kunjung membaik.
– Alergi yang ditandai dengan kesulitan bernafas, wajah dan bibir yang membengkak, maupun kemerahan pada kulit.
– Mual dan muntah
– Rasa terbakar pada dada atau heartburn
– Sakit kepala
Apa Hal-hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Mengonsumsi Obat Glukosamin
Glukosamin merupakan suplemen tambahan untuk menjaga kesehatan persendian, tulang rawan, dan juga mengatasi masalah peradangan pada tubuh.
Meskipun suplemen ini bersifat herbal dan dapat dibeli tanpa resep dokter, namun ada baiknya apabila berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu sebelum mengonsumsinya. Sebab glukosamin dapat memicu alergi, terutama pada beberapa orang yang memiliki alergi terhadap makanan laut seperti kerang.
Selain itu, pasien dengan kondisi penyakit tertetu seperti tekanan darah tinggi, diabetes, penderita penyakit ginjal, gangguan pendarahan, ibu hamil atau ibu menyusui, penderita penyakit jantung, harus berhati-hati saat menggunakan suplemen ini. Maka sangat disarankan untuk berkonsultasi pada dokter terlebih dahulu apakah penggunaan suplemen glukosamin ini aman untuk Anda.

pantangan radang sendi
Sumber referensi artikel: https://www.alodokter.com/fakta-suplemen-glukosamin-dalam-mengatasi-radang-sendi  

Product Disclaimer:
*Pernyataan ini belum dievaluasi oleh BPOM. Produk ini tidak dimaksudkan untuk mendiagnosa, mengobati, menyembuhkan, atau mencegah penyakit apapun.

Artikel Terbaru

Awas, Ini 3 Bahaya Menahan Pipis!

Awas, Ini 3 Bahaya Menahan Pipis!

Menahan pipis adalah hal yang wajar dilakukan seseorang Pasalnya, ada kalanya kita berada dalam kondisi yang kurang mendukung atau tidak memungkinkan untuk mengeluarkan urin dengan segera. Namun, tahukah Anda ada bahaya menahan pipis yang cukup serius mengintai jika...

5 Manfaat Madu Hitam, Si Pahit dengan Segudang Khasiat

5 Manfaat Madu Hitam, Si Pahit dengan Segudang Khasiat

Madu adalah salah satu bahan alami yang menyehatkan dan kerap menjadi bahan pemanis. Namun, tahukah Anda bahwa tidak semua jenis madu ternyata terasa manis dan justru menawarkan rasa pahit?Madu hitam adalah jenis madu yang dimaksud. Kendati begitu, manfaat madu hitam...

Ampuh! 5 Cara Mengatasi Maag

Ampuh! 5 Cara Mengatasi Maag

Sering dianggap sepele, gejala gangguan lambung (lebih dikenal dengan sebutan mag) sejatinya merupakan pertanda bahwa kamu mungkin memiliki penyakit serius, misalnya GERD (gastroesophageal reflux disease), infeksi lambung, gastritis, dan tukak lambung. Cukup...

Leave a Comment